sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Omzet pedagang pernak-pernik Imlek di Glodok Rp10 juta/hari

Puncak penjualan biasanya terjadi h-2 hingga h-1 sebelum perayaan Imlek.

Eka Setiyaningsih
Eka Setiyaningsih Senin, 04 Feb 2019 00:26 WIB
Omzet pedagang pernak-pernik Imlek di Glodok Rp10 juta/hari
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.322.866
Dirawat 158.408
Meninggal 35.786
Sembuh 1.128.672

Perayaan Imlek yang jatuh pada 5 Februari 2019 membawa berkah tersendiri bagi pedagang pernak-pernik Imlek.

Alda salah satu pedagang yang menjual pernak-pernik Imlek di kawasan Petak Sembilan Glodok, Jakarta, mengatakan seminggu sebelum imlek, peralatan doa dan gambar shio laris manis dibeli warga.

Puncak penjualan biasanya terjadi h-2 hingga h-1 sebelum perayaan Imlek. Selain peralatan sembahyang, hiasan lampion juga banyak diborong pembeli.

"Dibandingkan tahun lalu meningkat hingga 30%. Imlek tahun ini setiap hari rerata, bisa dapat Rp10 juta hingga Rp15 juta. Kalau Sabtu atau Minggu bahkan bisa sampai Rp20 juta," kata Alda saat ditemui di tokonya daerah Petak Sembilan Glodok, Jakarta, Sabtu (2/2).

Alda merupakan pemilik toko yang bernama Lampion Andre. Toko ini menjual aneka hiasan Imlek mulai harga Rp10.000 hingga Rp1000.000 tergantung jenis dan ukuran.

Berdasarkan shio, Imlek 2019 merupakan tahun Babi Tanah. Itulah sebabnya, Alda banyak menjual pernak-pernik perhiasan dan perlengkapan Imlek yang terkait dengan ikon tersebut, seperti gantungan dan dekorasi mini untuk ruangan atau hisan lainnya.

"Tapi favorit para pedagang tetap lampion sih. Sementara yang ada ornamen Babi Tanah paling laku seperti gantungan kunci," ujarnya.

Sementara itu, pembeli pernak-pernak Imlek di Kawasan Petak Sembilan Glodok, Agnes, mengaku biasa membeli pernak-pernik Imlek di kawasan tersebut. "Untuk tahun ini, banyak saya beli tuh amplop angpao, karena baru saja menikah dan harus bagi-bagi ke saudara, ponakan dan lainnya saat berkumpul," kata Agnes.

Sponsored

Selain itu, ia juga membeli hiasan lampion-lampion kecil untuk menjadi hiasan di rumahnya. Dirinya membeli gantungan kunci dengan hiasan ornamen babi untuk di berikan kepada sanak saudara.

Pantauan Alinea.id, hampir semua toko di kawasan Petak Sembilan Glodok memasang lampion yang dijual di depan tokonya. Tujuannya agar konsumen dapat melihat dengan jelas apa saja yang dijual di setiap toko. Juga ada tulis-tulisan Gong Xi Fa Cai dibentangkan di depan pertokoan di kawasan tersebut

Serba salah vaksin Nusantara

Serba salah vaksin Nusantara

Senin, 01 Mar 2021 06:17 WIB
Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Menghindari 'Jebakan Batman' DP rumah 0%

Jumat, 26 Feb 2021 15:24 WIB
Berita Lainnya