sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemerintah eksekusi investasi mangkrak senilai Rp517,6 triliun

Eksekusi investasi mangkrak tersebut dilakukan secara bertahap.

Nanda Aria Putra
Nanda Aria Putra Senin, 26 Apr 2021 14:30 WIB
Pemerintah eksekusi investasi mangkrak senilai Rp517,6 triliun

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mengungkapkan, investasi mangkrak yang sudah berhasil dieksekusi oleh pemerintah telah mencapai Rp517,6 triliun atau 73% dari total investasi mangkrak sebesar Rp708 triliun.

Kepala BKPM Bahlil Lahadalia mengatakan, eksekusi investasi mangkrak tersebut dilakukan secara bertahap, mulai dari izin, tanah, dan pembangunan infrastruktur pendukung lainnya.

"Investasi mangkrak itu Rp708 triliun. Sekarang telah tereksekusi dari Rp517,6 triliun. Tereksekusi yang dimaksud itu bukan sekaligus running, tetapi per termin. Izinnya, tanahnya, apanya sudah mulai jalan," katanya dalam video conference, Senin (26/4).

Kendati demikian, Bahlil mengungkapkan, eksekusi dari investasi mangkrak tersebut belum dapat dicatatkan ke dalam realisasi dari investasi kuartal I-2021, karena masih on progres.

Dia mencontohkan, perusahaan "A" yang total investasinya sebesar Rp3 triliun tidak langsung jalan dan dicatat sebagai realisasi investasi oleh BKPM, karena harus mengurus perizinan dan pembebasan tanah terlebih dahulu.

Yang dicatat nantinya adalah investasi riil dari total Rp3 triliun tersebut, misalnya Rp200 miliar. Berarti, hanya Rp200 miliar yang dapat dicatat, sementara sisanya masih akan menunggu realisasi dari pengerjaan dan pembangunan pabrik.

"Kan bangun pabrik butuh waktu 3 tahun-10 tahun. Jangan dibaca sudah gol langsung masuk. Yang kita masukkan dalam data ini realisasi riil. Bukan angka proposal, bukan komitmen dan rencana," ucapnya.

Namun, dia mengungkapkan bahwa realisasi investasi yang sebesar Rp219,7 triliun di kuartal I-2021 ini, termasuk juga investasi mangkrak yang berhasil dieksekusi pemerintah. Meskipun, dia tidak merinci berapa porsi investasi mangkrak di realisasi tersebut.

Sponsored

"Iya benar, realisasi ini bagian dari akumulasi sebagian dari investasi mangkrak," tuturnya.

 

Berita Lainnya