logo alinea.id logo alinea.id

Pemerintah segera tender proyek pembangunan tol Cigatas

Proyek pembangunan jalan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya atau Cigatas sepanjang 100 kilometer hingga Cilacap segera mulai tender.

Sukirno
Sukirno Jumat, 27 Jul 2018 18:51 WIB
Pemerintah segera tender proyek pembangunan tol Cigatas

Proyek pembangunan jalan tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya atau Cigatas sepanjang 100 kilometer hingga Cilacap segera mulai tender.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan proyek pembangunan jalan tol Cigatas akan segera ditender dalam waktu dekat.

"Tol Cigatas, Cileunyi-Garut-Tasikmalaya, tahun ini akan ditender," katanya di Cilacap, Jawa Tengah, Jumat siang (27/7).

Menteri Basuki mengatakan hal itu kepada wartawan usai kunjungan kerja ke Pulau Nusakambangan, Cilacap, bersama Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasonna Hamonangan Laoly serta sejumlah pejabat terkait.

Selain tol Cigatas, kata dia, sejumlah ruas jalan tol juga akan dibangun, yakni Tasikmalaya-Cilacap, Cilacap-Yogyakarta, dan Yogyakarta-Solo.

"Namun yang akan dibangun lebih dulu adalah Yogyakarta-Solo, selanjutnya Cilacap-Yogyakarta dan Tasikmalaya-Cilacap," jelasnya.

Lebih lanjut, dia mengatakan pihaknya hingga tahun 2019 akan terus melaksanakan sejumlah proyek fisik agar selesai sesuai dengan target.

Informasi yang dihimpun Tol Cigatas yang merupakan bagian dari proyek pembangunan jalan tol Trans Jawa ini diprakarsai oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk., dan satu pihak swasta, yakni PT DMT.

Sponsored

Jalan tol Cigatas direncanakan memiliki panjang 100 kilometer dan akan diperpanjang hingga Cilacap sehingga total panjangnya mencapai 184 kilometer.

Sementara untuk jalan tol Cilacap-Yogyakarta-Solo sepanjang 237 kilometer yang juga bagian dari proyek pembangunan jalan tol Trans Jawa diprakarsai oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk.

Sumber: Antara