logo alinea.id logo alinea.id

Perusahaan BUMN buka 11.000 lowongan kerja, catat syaratnya

Perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka tak kurang dari 11.000 lowongan kerja pada Maret-April 2019.

Sukirno
Sukirno Selasa, 05 Mar 2019 00:04 WIB
Perusahaan BUMN buka 11.000 lowongan kerja, catat syaratnya

Perusahaan-perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) membuka tak kurang dari 11.000 lowongan kerja pada Maret-April 2019.

Kepala Biro Umum dan Humas Kementerian BUMN Wahyu Wibowo mengatakan pembukaan lowongan kerja itu dilakukan dalam rangka merayakan HUT Ke-21 Kementerian BUMN.

"Dari Bulan Maret hingga April akan dilakukan rekrutmen bersama, dengan target 11.000 lowongan kerja. Jadi beberapa BUMN akan dijadikan satu proses rekrutmennya," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Senin (4/3). 

Dia menjelaskan bahwa penggabungan proses rekrutmen itu berlaku baik untuk proses rekrutmen reguler maupun nonreguler dalam satu periode tertentu. 

"Ini juga diharapkan bisa menyaring selain para mahasiswa yang lulus dari perguruan tinggi, namun juga mahasiswa-mahasiswa yang merupakan penyandang disabilitas. Jadi targetnya bisa menyaring 1.000 pelamar dari penyandang disabilitas," kata Wahyu. 

Seribu lowongan untuk penyandang disabilitas tersebut dibuka dalam rangka memberikan kesempatan bagi mereka yang ingin berkarier di BUMN.

"Kami ingin memberikan kesempatan yang sama bagi penyandang disabilitas untuk berkarir di BUMN. Untuk itu, secara khusus BUMN akan membuka rekrutmen bagi para penyandang disabilitas di berbagai wilayah Tanah Air," kata Sekretaris Kementerian BUMN Imam Apriyanto Putro.

Lowongan akan diumumkan di laman resmi Kementerian BUMN dan masing-masing website perusahaan. Sejumlah BUMN seperti sektor perkebunan, minyak dan gas, perbankan, pelabuhan, hingga konstruksi dan lainnya akan resmi membuka lowongan kerja serempak. 

Sponsored

Proses rekrutmen untuk 11.000 lowongan kerja di berbagai BUMN tersebut merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT Kementerian BUMN ke-21 yang akan jatuh pada 13 April. 

Adapun rangkaian ulang tahun Kementerian BUMN akan terdiri dari peluncuran aplikasi LinkAja, program cash for work (Padat Karya Tunai), BUMN Goes to Campus, dan Jalan Sehat di lima kota. 

Rangkaian HUT juga akan diramaikan oleh ajang Islamic Nextgen, Promo Retail dan Online, satu juta Paket Pangan Murah, paket murah biosolar bagi nelayan, serta program transportasi publik gratis seperti kereta komuter dan bus feeder transjakarta pengguna di Bekasi melalui #senindiongkosin. (Ant).