sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

PLN ungkap perhitungan kompensasi kepada pelanggan listrik

PLN memberi keterangan atas besaran kompensasi yang diberikan kepada pelanggan dampak pemadaman listrik 4 Agustus 2019.

Laila Ramdhini
Laila Ramdhini Senin, 19 Agst 2019 18:55 WIB
PLN ungkap perhitungan kompensasi kepada pelanggan listrik
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 392.934
Dirawat 61.851
Meninggal 13.411
Sembuh 317.672

PT PLN (Persero) memberikan klarifikasi terkait cara menghitung kompensasi kepada pelanggan yang terdampak pemadaman listrik pada 4 Agustus 2019 di sejumlah wilayah.

Sesuai dengan Peraturan Menteri (Permen) ESDM 27/2017 maka PLN akan memberikan kompensasi sesuai deklarasi Tingkat Mutu Pelayanan (TMP), dengan Indikator Lama Gangguan.

"Besaran kompensasi yang diterima (pelanggan) dapat dilihat pada tagihan rekening bulan September 2019 atau pada bukti pembelian token pertama setelah 1 September 2019 untuk konsumen prabayar,” jelas Vice President Public Relations PLN Dwi Suryo Abdullah, dalam siaran pers di Jakarta, Senin (19/8).

Kompensasi akan diberikan sebesar 35% dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen golongan tarif adjustment, dan sebesar 20% dari biaya beban atau rekening minimum untuk konsumen pada golongan tarif yang tidak dikenakan penyesuaian tarif tenaga listrik (non adjustment).

Untuk pelanggan prabayar, pengurangan tagihan disetarakan dengan pengurangan tagihan listrik pascabayar.

Khusus untuk pelanggan premium, PLN akan memberikan kompensasi sesuai Service level Agreement (SLA) yang telah ditandatangani bersama.

“Dalam kondisi normal, seharusnya pembayaran kompensasi dibayarkan pada Bulan Oktober. Namun untuk kali ini, kami mempercepat pembayaran kompensasi di bulan September, baik pra bayar maupun pasca bayar.” Tambah Dwi.

Pelanggan juga dapat melakukan pengecekan langsung melalui website resmi PLN yaitu www.pln.co.id.

Berikut langkah-langkah nya:
1. Masuk ke website resmi PLN, www.pln.co.id
2. Klik menu
3. Klik pelanggan
4. Klik layanan online
5. Klik Info kompensasi
6. Masukkan IDPEL (ID Pelanggan) dan input kode disamping yang ada
7. Akan muncul estimasi atau perkiraan nilai kompensasi yang didapat pelanggan.

Selain itu, PLN juga menyediakan kanal direct link https://layanan.pln.co.id/InfoTmp.html. (Ant)

Berita Lainnya