close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Politeknik Pariwisata (Poltekpar) kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran (TA) 2023/2024 hingga 27 Mei 2023. Google Maps/gaouts sebastian

Poltekpar buka pendaftaran mahasiswa baru 2023/2024

Ada dua jalur penerimaan mahasiswa Poltekpar, SBM dan seleksi mandiri. Pendaftaran dibuka hingga 27 Mei 2023.
swipe

Politeknik Pariwisata (Poltekpar), yang berada di bawah Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), kembali mengadakan penerimaan mahasiswa baru (PMB). Pendaftaran tahun ajaran (TA) 2023/2024 dibuka selama 13 Februari-27 Mei 2023.

Melansir situs web Kemenparekraf, ada dua jalur penerimaan mahasiswa Poltekpar, SBM dan seleksi mandiri. Jalur SBM dilakukan secara bersama dan terintegrasi dengan seluruh Poltekpar se-Indonesia, sedangkan seleksi mandiri diselenggarakan Poltekpar terkait sesuai tahapan yang telah ditetapkan.

Kemenparekraf memiliki enam Poltekbar se-Indonesia, yakni di Medan, Palembang, Bandung, Bali, Lombok, dan Makassar. Perguruan tinggi ini didirikan guna menghasilkan sumber daya manusia (SDM) berkualitas di bidang keparwisataan.

Program Studi Poltekpar
Program studi (prodi) di Poltekpar mencakup kepariwisataan. Misalnya, Divisi Kamar, Tata Hidang, Seni Kuliner, Seni Pengolahan Patiseri, Pengelolaan Perhotelan, Pengelolaan Konvensi dan Acara, Usaha Perjalanan Wisata, Destinasi Pariwisata, dan Pengelolaan Usaha Rekreasi.

Kendati demikian, hanya dua dari enam Poltekpar yang memiliki program studi spesial. Poltekpar National Hotel Institute (NHI) Bandung, misalnya, memiliki Prodi Pengelolaan Usaha Rekreasi, dan Poltekpar Bali mempunyai Prodi Manajemen Akuntansi Hospitality. 

Alur PMB Poltekpar
Setelah pendaftaran berakhir pada 27 Mei 2023, tahapan PMB dilanjutkan proses seleksi (5-9 Juni). Adapun pendaftaran dapat dilakukan secara daring (online) via sbmpoltekpar.kemenparekraf.go.id.

Berikut tahapan pendaftaran PMB Poltekpar 2023/2024:
1. Mengisi seluruh formulir registrasi, yang tersedia dalam menu Daftar,
2. Pendaftar menerima kata sandi sekali pakai (one time password/OTP) melalui email dengan mengklik Kirim OTP,
3. Isikan OTP yang diterima di dalam email,
4. Lanjutkan pengisian formulir hingga akhir dan klik Daftar,
5. Di dalam email yang diterima terdapat nomor akun virtual (virtual account) untuk pembayaran serta nomor pendaftaran dan kata sandi (password) untuk masuk (sign in) formulir pendaftaran,
6. Lakukan pembayaran biaya pendaftaran melalui bank yang menerbitkan virtual account,
7. Setelah melakukan pembayaran, lengkapi data pendaftaran dengan masuk melalui menu Sign In. Masukan nomor pendaftaran dan kata sandi;
8. Unggah pas foto untuk Kartu Peserta Seleksi (KPS),
9. Cetak KPS sebagai bukti peserta SBM Poltekpar, dan
10. Pantau laman SBM Poltekpar untuk mengetahui jadwal seleksi dan berbagai informasi penting terbaru setelah sukses mendaftar. 

Poltekpar buka pendaftaran mahasiswa baru 2023/2024
Senin, 13 Maret 2023 16:23
Artikel ditulis oleh
img
Fatah Hidayat Sidiq
Reporter
img
Fatah Hidayat Sidiq
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan