sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Relokasi pabriknya ke Indonesia, Meiloon akan serap 8.000 tenaga kerja

Hasil produksi dari pabrik nantinya akan diekspor 100%.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Selasa, 21 Jul 2020 18:02 WIB
Relokasi pabriknya ke Indonesia, Meiloon akan serap 8.000 tenaga kerja
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 404.048
Dirawat 60.569
Meninggal 13.701
Sembuh 329.778

PT Meiloon Technology resmi merelokasi pabriknya dari Shuzou, China ke Subang, Jawa Barat. Nilai investasi dari relokasi perusahaan asal Taiwan ini tercatat sebesar US$90 juta.

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia mengatakan Meiloon merupakan salah satu dari tujuh perusahaan asing yang merelokasikan pabriknya ke Indonesia. Dia menyebut Meiloon memiliki komitmen yang kuat dan merealisasikan relokasi pabriknya dari China ke Indonesia.

“Kami tahu jika kata kunci dari penciptaan lapangan kerja yaitu investasi. Meiloon akan merekrut tenaga kerja dari Subang dan suplai produksi semaksimal mungkin dari pengusaha Jawa Barat," kata Bahlil dalam keterangan resminya, Selasa (21/7).

Bahlil menuturkan bukan saatnya bagi pemerintah untuk menghalangi masuknya investor asing ke Indonesia. Menurutnya, pemerintah pusat dan pemerintah daerah harus bekerja sama membangun pertumbuhan ekonomi di daerah.

“Saya ingat betul arahan bapak presiden untuk tidak ada yang menghambat izin. Semua harus dipercepat, tentu dengan aturan yang ada. Pemerintah Daerah Subang ini dapat menjadi contoh baik dalam percepatan investasi,” tutur Bahlil.

Sementara Chief Financial Officer (CFO) Meiloon Group Eva Kuo menyebut tahap konstruksi pabrik Meiloon Technology Indonesia (MTI) rencananya selesai pada November 2020 dan akan mulai berproduksi sebelum akhir semester II-2020.

Hadirnya pabrik MTI di Subang diperkirakan akan menyerap kurang lebih 8.000 tenaga kerja di Indonesia. Hasil produksi dari pabrik ini nantinya akan diekspor 100%.

Selain MTI, tercatat enam perusahaan akan merelokasi pabrik mereka ke Indonesia. Keenam perusahaan tersebut adalah PT Sagami Indonesia (Jepang), PT CDS Asia (Alpan Lighting) (Amerika Serikat),  PT Kenda Rubber Indonesia (Taiwan), PT Denso Indonesia (Jepang), PT Panasonic Manufacturing Indonesia (Jepang), dan PT LG Electronics Indonesia (Korea Selatan).

Sponsored

Rencana investasi tujuh perusahaan diperkirakan mencapai US$850 juta atau setara Rp11,9 triliun. Penyerapan tenaga kerja diperkirakan mencapai 30.000 tenaga kerja, dengan lokasi tujuan investasi di Jawa Tengah, Jawa Barat, Banten, DKI Jakarta dan Sumatera Utara.

Berita Lainnya