sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

RUPS BUMN: Bank BTN rombak direksi dan komisaris

PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) mengangkat Pahala Mansury sebagai Direktur Utama Bank BTN menggantikan Suprajarto.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Rabu, 27 Nov 2019 16:49 WIB
RUPS BUMN: Bank BTN rombak direksi dan komisaris

Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. (BBTN) resmi menunjuk Pahala Mansury sebagai Direktur Utama Bank BTN. Pahala menggantikan Suprajarto yang mengundurkan diri pada Agustus 2019. 

Selain mengangkat Pahala Mansury, BTN juga memberhentikan dengan hormat Plt. Direktur Utama dan Direktur Commercial Banking Oni Febriarto Rahardjo, Direktur Consumer Banking Budi Satria, Direktur Compliance R. Mahelan Prabantarikso dan Direktur Distribution & Network Dasuki Amsir. 

Corporate Secretary Bank BTN Achmad Chaerul mengatakan jajaran baru manajemen Bank BTN tersebut diyakini akan solid memimpin perseroan. 

“Kami meyakini Bank BTN di bawah manajemen baru akan semakin sukses menjalankan perannya baik sebagai sebuah entitas bisnis, maupun sebagai agen pemerintah dalam menyukseskan Program Satu Juta Rumah,” ujar Chaerul usai RUPSLB Bank BTN di Jakarta, Rabu (27/11).

Kemudian, RUPSLB BTN juga mengangkat Chandra Hamzah sebagai Komisaris Utama yang sebelumnya ditempati Asmawi Syam yang sebelumnya menjabat sebagai Komisaris Utama Bank BTN melalui hasil RUPS pada 17 Mei 2019. 

Dengan perubahan pada struktur pengurus tersebut sesuai hasil RUPSLB, maka susunan Direksi dan Komisaris Bank BTN menjadi sebagai berikut.

Susunan Direksi Bank BTN 
Direktur Utama : Pahala Nugraha Mansury
Direktur Consumer dan Commercial Lending : Hirwandi Gafar
Direktur Finance, Planning, & Treasury : Nixon L. P. Napitupulu
Direktur Human Capital, Legal & Compliance: Yossi Istanto
Direktur Remedial and Wholesale Risk : Elisabeth Novie Riswanti 
Direktur Operation, IT & Digital Banking : Andi Nirwoto
Direktur Distribution & Retail Funding : Jasmin
Direktur Enterprise Risk Management, Big Data & Analytics : Setiyo Wibowo

Susunan Komisaris Bank BTN
Komisaris Utama/Independen: Chandra Hamzah
Komisaris : Eko D. Heripoerwanto
Komisaris : Heru Budi Hartono
Komisaris : Andin Hadiyanto
Komisaris Independen : Armand B. Arief
Komisaris Independen : Ahdi Jumhari Luddin

Sponsored

Profil Pahala Mansury

Sebelum menjabat sebagai Direktur Utama Bank BTN, Pahala Mansury menempati jabatan sebagai Direktur Keuangan PT Pertamina (Persero) sejak terpilih pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) Pertamina, 13 September 2019.

Pria berusia 48 tahun tersebut meraih gelar sarjana di Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Pahala lalu melanjutkan pendidikannya ke jenjang master ke Stern School of Business, New York University, Amerika Serikat (AS).

Karier Pahala dimulai saat ia bergabung dengan Andersen Consulting sebagai konsultan manajemen hingga tahun 1997. Kemudian pada 1999, Pahala bergabung dengan Booz Allen & Hamilton sebagai konsultan senior. Ia juga sempat bergabung dengan Boston Consulting Group pada tahun yang sama sebagai pemimpin dalam beberapa proyek perbankan.

Lalu pada 2003, Pahala pun memulai kariernya di dunia perbankan dengan bergabung bersama Bank Mandiri. Karier Pahala di Bank Mandiri terus menanjak hingga tujuh tahun kemudian, pada 2010, Pahala menjabat sebagai EVP Coordinator Finance and Strategy and Chief Financial Officer (CFO).

Selanjutnya, pada April 2017 Pahala dipercaya sebagai Direktur Utama Garuda Indonesia selama 17 bulan sebelum dipindahkan ke Pertamina.

Berita Lainnya