sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tokopedia tawarkan solusi pemasaran bisnis di ranah digital

Melalui pemasaran ini, pelaku bisnis yang memasarkan produknya melalui Tokopedia dapat memperoleh berbagai keuntungan.

Gempita Surya
Gempita Surya Kamis, 22 Sep 2022 14:43 WIB
Tokopedia tawarkan solusi pemasaran bisnis di ranah digital

Persaingan dunia usaha khususnya dalam ekosistem digital menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis. Guna memaksimalkan pertumbuhan bisnisnya, pelaku usaha perlu beradaptasi dengan minat konsumen dalam berbelanja, salah satunya melalui platform e-commerce.

Namun, pelaku usaha juga memerlukan strategi pemasaran yang maksimal dalam bersaing di platform jual beli elektronik. Melihat kondisi ini, Tokopedia sebagai perusahaan teknologi di Indonesia, menghadirkan jawaban atas permasalahan para pelaku usaha di ranah digital melalui Tokopedia Marketing Solutions.

"Tokopedia Marketing Solutions merupakan solusi pemasaran menyeluruh dari Tokopedia untuk membantu pelaku bisnis mencapai tujuan promosi dan menghasilkan pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan," kata VP of Marketing Solutions Tokopedia, Edwin Chayadi, dalam temu media di kawasan Senopati, Jakarta, Kamis (22/9).

Edwin memaparkan, melalui solusi pemasaran ini, pelaku bisnis yang memasarkan produknya melalui Tokopedia dapat memperoleh berbagai keuntungan. Di antaranya yakni menjangkau lebih banyak pengguna yang tersebar di hampir 99% kecamatan di Indonesia.

Selain itu, solusi pemasaran tersebut juga membantu para merchant menghadirkan produk-produk mereka saat konsumen  berinteraksi di laman Tokopedia.

"Tokopedia Marketing Solutions juga bisa membantu pelaku bisnis menargetkan iklan ke profil konsumen yang tepat, lewat pemanfaatan data konsumen sesuai regulasi yang berlaku, serta prinsip keamanan dan perlindungan data pribadi," ucap Edwin.

Di sisi lain, pelaku bisnis dapat membuat, mengelola, dan memaksimalkan iklan produk mereka dengan memanfaatkan teknologi melalui always on marketing. Menurut Edwin, hal ini dapat membantu pelaku usaha untuk lebih fokus dalam mengembangkan bisnisnya.

Lebih lanjut, imbuh Edwin, para pelaku usaha dapat memanfaatkan berbagai kanal promosi untuk mengembangkan bisnisnya, di antaranya melalui promosi di halaman utama, serta strategi ‘TopAds’ agar produk tampil teratas di halaman pencarian, juga beriklan di fitur pencarian. 

Sponsored

Selain itu, pelaku usaha juga dapat memanfaatkan fitur iklan di halaman notifikasi dan pesan. Upaya pemasaran ini mencakup Broadcast Chat, Push Notificatons, serta Notification Center.

"Penjual yang menggunakan Tokopedia Marketing Solutions juga bisa beriklan dalam sebuah permainan interaktif, mempromosikan produk atau toko melalui Tokopedia Play, serta memaksimalkan media sosialnya menggunakan Collaborative Ads bersama Tokopedia," ujar Edwin.

Edwin menambahkan, keuntungan yang ditawarkan melalui solusi pemasaran tersebut membawa dampak positif dan efektif.

"Kami mencatat bahwa per semester I 2022, Tokopedia Marketing Solutions mengalami pertumbuhan nilai investasi iklan sebesar 17 kali lipat, dan pertumbuhan jumlah mitra strategis dari penjual berskala menengah sampai besar sebanyak 30 kali lipat,” ujarnya.

Ditambahkan Edwin, dampak positif juga dirasakan para pelaku usaha dari berbagai skala dan kategori, misalnya sebuah brand fashion di Tokopedia berhasil mendapatkan peningkatan sebesar 103% pada rata-rata jumlah pesanan. Kemudian, sebuah perusahaan FMCG memperoleh 146% peningkatan pendapatan dan peningkatan jumlah pemesanan sebesar 169%. Sementara, brand makanan dan minuman yang mendapatkan peningkatan pendapatan rata-rata sebesar 156% dan 279% pada rata-rata jumlah pemesanan.

“Ke depannya, Tokopedia Marketing Solutions akan terus berupaya membantu pelaku bisnis di Indonesia dari berbagai skala dan kategori, untuk mengakselerasi performa bisnis mereka di Tokopedia guna membantu pemulihan ekonomi nasional lewat pemanfaatan kanal digital,” ucapnya.

Berita Lainnya
×
tekid