sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Transaksi Tokopedia naik 1,5x di Indonesia bagian barat

Dewasa ini belanja online masih terus menjadi pilihan masyarakat.

Anisatul Umah
Anisatul Umah Senin, 27 Des 2021 16:51 WIB
Transaksi Tokopedia naik 1,5x di Indonesia bagian barat

Jelang akhir tahun, Tokopedia mencatatkan kenaikan transaksi hampir 1,5 kali lipat khususnya di wilayah Indonesia bagian barat. Dewasa ini belanja online masih terus menjadi pilihan masyarakat.

External Communications Senior Lead Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya mengatakan peningkatan transaksi ini didorong oleh inisiatif yang telah diluncurkan oleh Tokopedia.

"Kami mencatat adanya peningkatan transaksi hampir 1,5 kali lipat, khususnya di wilayah Indonesia bagian barat, selama menjelang akhir tahun 2021 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya," paparnya dalam keterangan resminya, Senin, (27/12).

Dia menjabarkan salah satu inisiatif yang diluncurkan Tokopedia adalah Hyperlocal, beserta serangkaian program turunannya untuk meningkatkan antusiasme masyarakat di dalam berbelanja online.

"Inisiatif Hyperlocal disesuaikan dengan kebutuhan setiap daerah dan bertujuan mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat," lanjutnya.

Dengan demikian, masyarakat bisa berbelanja dengan lebih efisien, serta memberikan kesempatan yang sama kepada usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di seluruh penjuru Indonesia untuk bertumbuh.

Lebih lanjut dia menjelaskan, khusus untuk wilayah Indonesia bagian barat kategori yang paling laris di Tokopedia menjelang akhir tahun di antaranya rumah tangga, kesehatan dan perawatan diri, makanan dan minuman, serta elektronik.

Selain transaksi yang meningkat, jumlah penjual di Tokopedia juga mengalami peningkatan. Tokopedia mencatat peningkatan jumlah penjual hampir 1,5 kali lipat. Kenaikan khususnya terjadi di wilayah Indonesia bagian barat, selama menjelang akhir tahun 2021 dibandingkan periode yang sama di tahun sebelumnya.

Manager Verne Indonesia Marsetio Hariadi, salah satu penjual di Tokopedia mengatakan saat ini marketplace berlogo warna hijau itu menjadi jalur utama untuk penjualan produknya.

"Setiap bulan kami bisa melayani 50 sampai 60 pesanan, dan kami mencatat peningkatan jumlah transaksi hampir dua kali lipat dibandingkan tahun lalu," ungkapnya. 

Verne Indonesia adalah salah satu pegiat usaha dari Surabaya yang menjual berbagai produk kerajinan dari kulit sapi.

 

 

Sponsored

 

Berita Lainnya
×
tekid