sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

UU Cipta Kerja berikan dampak positif terhadap KEK

Setiap penerbitan PP mengenai KEK, pemerintah selalu memberikan target mengenai investasi.

Zahra Azria
Zahra Azria Rabu, 18 Nov 2020 07:27 WIB
UU Cipta Kerja berikan dampak positif terhadap KEK
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 557.877
Dirawat 77.969
Meninggal 17.355
Sembuh 462.553

UU Cipta Kerja memberikan dampak positif terhadap Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Adapun peran UU Ciptaker terhdap KEK, yaitu minimasi kewenangan, resentralisasi perizinan, dan redefinisi KEK.

"Perubahan yang terjadi setelah diresmikan UU Ciptaker, antara lain adanya UMKM dan koperasi sebagai pelaku usaha KEK, peran administrator semakin fleksibel, administrator akan mengambil alih kewenangan bea dan cukai. Selain itu KEK tidak lagi didorong untuk berorientasi ekspor," kata peneliti Indef  Andry Satrio Nugroho, dalam webinar, Selasa (17/11).

Selain itu, UU Cipta Kerja menyebutkan kalau KEK terdiri atas satu atau beberapa zona termasuk pengelolaan ekspor. Usaha di KEK berbasiskan kegiatan yang meliputi delapan kegiatan usaha, yaitu produksi dan pengolahan, logistik dan distribusi, pengembangan teknologi, pariwisata, pendidikan, kesehatan, energi, dan ekonomi lain.

Lalu kriteria lokasi KEK lebih sederhana. Keberadaan pemda tetap dilibatkan karena dibutuhkan persyaratan tertulis. Lokasi KEK dapat di mana saja tidak lagi harus dekat dengan pelabuhan, tidak harus memiliki SDA unggulan. Selain itu, 50% lahan harus dikuasai (pemerintah dan swasta) terlebih dahulu baru bisa ditetapkan sebagai KEK.

Pada sektor pariwisata, Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) saat ini sedang mengembangkan KEK Mandalika, KEK Singasari, dan KEK Likupang. 

“Pariwisata akan menjadi sumber devisa negara, kita harus membuat rencananya tertata dan bertahap. Pada 2021 akhir akan ada event Moto GP di KEK Mandalika,” kata Direktur PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (ITDC) Ema Widiastuti.

Di KEK Mandalika sudah ada 11 agreement dan telah melakukan pembangunan seperti hotel. Investasi terbesar pada proyek Mandalika ini berasal dari perusahaan asing Vinci yang berasal dari Prancis. Mandalika akan dibangun di lahan seluas 85 hektare dengan biaya US$ 1 miliar.

Sementara Sekretaris Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Susiwijono Moegiarso mengatakan, setiap penerbitan PP mengenai KEK selalu memberikan target mengenai investasi.

Sponsored

“Kami ada evaluasi di Dewan KEK. Konsekuensi jika tidak mencapai target, kami akan mengurangi luas lahan hingga pencabutan izin KEK,” ucap Susiwijono.

Berita Lainnya