sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Zulhas pastikan Kemendag terus genjot penyaluran modal pelaku UMKM

Zulhas beberkan pihaknya gencar gandeng perbankan dan LPEI untuk memperluas penyaluran modal UMKM.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Minggu, 08 Jan 2023 06:37 WIB
Zulhas pastikan Kemendag terus genjot penyaluran modal pelaku UMKM

Kementerian Perdagangan (Kemendag) membeberkan adanya upaya perlebaran modal bagi pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMK). Pelebaran modal tersebut tengah diupayakan dengan menggandeng sejumlah pihak.

"Kemendag akan menggandeng perbankan nasional untuk membantu pembiayaan UMKM melalui program  kredit  usaha  rakyat  (KUR).  Kemendag  juga  telah  menjalin  komunikasi  dengan  Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) untuk lebih mengoptimalisasi pembiayaan ekspor UMKM," kata Menteri Perdagangan, Zulkifli Hasan, saat melakukan tinjauan di Lampung, Sabtu (7/1).

Dengan pelebaran modal yang akan diberikan, kata dia, maka pelaku UMKM bisa lebih berkembang.

Menurut pria yang akrab disapa Zulhas itu, Kementerian Perdagangan juga mendorong pelaku UMKM terus mengembangkan usahanya agar naik kelas, salah satunya dengan melakukan ekspor. Zulhas memastikan, pemerintah akan terus berupaya memfasilitasinya.

"Pemerintah terus mendukung  dan memfasilitasi UKM agar mampu naik  kelas dan mendapatkan akses pemasaran yang lebih luas, seperti pemasaran melalui ritel modern dan marketplace, bahkan sampai pasar ekspor,” ucapnya.

Saat tinjauan ke Lampung, Zulhas menemui 30 perwakilan pelaku UMKM. Dalam setiap sesi pertemuan, emak-emak pemilik UMKM juga memanfaatkan Zulhas sebagai brand ambassador dadakan untuk difoto bersama produk mereka.

Tak lupa, Zulhas berbincang dengan dua perwakilan UMKM yang ada di  Jl.  Pagar  Alam,  Bandar  Lampung. Pertama, dialog bersama Shamiya  yang  memproduksi  pisang  goreng  beku. Kemudian, dia berdialog dengan pemilik Madu Al Ghozi.

Dalam kunjungannya, Mendag didampingi Sekretaris Jenderal KementerianPerdagangan Suhanto, Dirjen Perdagangan Luar Negeri Kemendag Budi Santoso, dan Plt. Dirjen Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Kasan.

Sponsored
Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid