close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Ilustrasi. Foto Pixabay.
icon caption
Ilustrasi. Foto Pixabay.
Daerah
Sabtu, 30 September 2023 16:01

Banggar jelaskan tahapan pembahasan rancangan perubahan anggaran Pati

Banggar menjelaskan tahapan pembahasan Rancangan Perubahan KUA dan Perubahan PPAS APBD 2023.
swipe

Badan Anggaran (Banggar) DPRD Pati menjelaskan tahapan pembahasan Rancangan Perubahan Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Perubahan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) APBD Kabupaten Pati tahun anggaran 2023. Penjelasan itu disampaikan juru bicara Banggar, Muslihan, dalam Rapat Paripurna di Gedung DPRD Pati, belum lama ini.

Muslihan mengatakan, berdasarkan Pasal 16 ayat (4) Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 tentang Pedoman Penyusunan Tata Tertib Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi, Kabupaten, dan Kota, Badan Anggaran melakukan konsultasi dengan komisi untuk memperoleh masukan terhadap program dan kegiatan yang ada dalam rancangan prioritas dan plafon anggaran sementara.

"Sesuai peraturan tersebut, pembahasan di tingkat komisi-komisi dan Badan Anggaran sudah dijadwalkan dan dilaksanakan," kata dia.

Adapun hasil Pembahasan Rancangan Perubahan KUA dan Perubahan PPAS APBD Kabupaten Pati Tahun Anggaran 2023 sebagai berikut.

Tahap pertama, Jumat 1 September 2023 yaitu Rapat Badan Anggaran Penyampaian Rancangan Perubahan Rancangan Perubahan PPAS APBD Kabupaten Pati Tahun Anggaran 2023 oleh Pj Bupati Pati.

"Selanjutnya Senin, 4 September 2023 sampai Selasa, 5 September 2023 Rapat Komisi dengan OPD terkait, membahas Materi Rancangan Perubahan KUA dan Rancangan Perubahan PPAS APBD Kabupaten Pati TA 2023," lanjut Muslihan.

Kemudian 6 dan 7 September 2023 serta 11 dan 12 September 2023 Rapat Badan Anggaran dan TAPD membahas Penyelarasan Hasil Rapat Komisi-komisi terhadap Rancangan Perubahan KUA dan Perubahan PPAS APBD Kabupaten Pati Tahun Anggaran 2023.

Tahap kedua yakni Rabu 13 September 2023, Rapat Paripurna DPRD Kabupaten Pati tentang Persetujuan Bersama dan Penandatanganan Nota Kesepakatan Perubahan KUA dan Perubahan PPAS APBD Kabupaten Pati TA 2023, antara Kepala Daerah dengan DPRD.

"Komisi-komisi DPRD Kabupaten Pati telah melaksanakan pembahasan Materi Perubahan KUA dan Perubahan PPAS APBD Kabupaten Pati Tahun Anggaran 2023 dengan OPD terkait untuk memberikan masukan-masukan atas program dan kegiatan anggaran kepada Badan Anggaran," jelas Muslihan. 

img
Tim copywriter
Reporter
img
Satriani Ari Wulan
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan