close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Foto dokumentasi.
icon caption
Foto dokumentasi.
Daerah
Kamis, 15 Juni 2023 13:12

Bupati Ikfina ajak warga kelola keuangan keluarga

Pemkab Mojokerto memfasilitasi penerima manfaat PKH untuk meningkatkan kemampuannya mengelola keluarga.
swipe

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mojokerto memfasilitasi penerima manfaat Program Keluarga Harapan (PKH) Kementerian Sosial untuk meningkatkan kemampuannya mengelola keluarga dengan bekal pelatihan pengelolaan keuangan keluarga dan perencanaan usaha. Hal itu dilakukan dalam program tilik Deso Mirsani Masyarakat (Bulik Soima) di rumah keluarga PKH Kementerian Sosial di desa Trowulan, Kecamatan Trowulan, Kabupaten Mojokerto, Rabu (14/6).

Kegiatan Bulik Soima yang diinisiasi Dinas Sosial Kabupaten Mojokerto ini dikemas dalam Pertemuan Peningkatan Kemampuan Keluarga (P2K2) Program Keluarga Harapan (PKH) Kabupaten Mojokerto. Selain untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, program Bulik Soima  ini juga sebagai ajang menjaring aspirasi dan mendengar keluhan secara langsung masyarakatnya.

Kegiatan P2K2 dihadiri langsung oleh Bupati Mojokerto Ikfina Fahmawati, didampingi Kepala Dinas Sosial Try Raharjo. Pembekalan terkait ekonomi keluarga ini diikuti puluhan keluarga dari desa setempat.

Ikfina mengatakan, P2K2 ini membahas mengenai tata cara mengelola keuangan keluarga di rumah keluarga PKH. Materi yang disampaikan yakni mengelola keuangan keluarga, yakni memahami jumlah pendapatan dan pengeluaran, mengenalkan kebutuhan dan keinginan dalam pengelolaan keuangan keluarga.

Dalam pelatihan ini, keluarga penerima manfaat juga diajak mempraktikkan mengatur keuangan sistem amplop dan pembukuan keuangan. Dengan bekal pelatihan itu, Ikfina meminta para keluarga mempraktikkan dalam rumah tangga masing-masing.

"Semoga pertemuan P2K2 ini bermanfaat. Dan KPM PKH bisa mengelola keuangan keluarga lebih rapi, teratur dan baik," ungkapnya.

Sebagai informasi, sebelum menghadiri kegiatan Bulik Soima, dalam selang waktu yang tak lama, Ikfina menyerahkan bantuan sosial kepada Yayasan Miftachul Hidayat di Dusun Wonoasri, Desa Kejagan, Kecamatan Trowulan. Bantuan itu diberikan untuk meringankan beban korban akibat terdampak angin kencang, yang terjadi pada bulan maret lalu.

Bantuan tersebut berupa bahan material, seperti asbes gelombang ukuran kecil sebanyak 100 lembar, kayu keriting 6/12 x 4 meter 42 batang, kayu 4/6 x 4 sebanyak 28 batang.

img
Tim copywriter
Reporter
img
Tim copywriter
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan