sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Provinsi Kaltim ekspor pisang kepok senilai Rp37,44 miliar ke Singapura

Provinsi Kaltim siap mengekspor pisang kepok ke Singapura mulai Juli 2022 dengan nilai kontrak Rp37,44 miliar.

Kartiko Bramantyo Dwi Putro
Kartiko Bramantyo Dwi Putro Senin, 27 Jun 2022 12:56 WIB
Provinsi Kaltim ekspor pisang kepok senilai Rp37,44 miliar ke Singapura

Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) siap mengekspor pisang kepok ke Singapura mulai Juli 2022 dengan nilai kontrak Rp37,44 miliar untuk masa pengiriman selama dua tahun hingga Juli 2022.

"Sudah ada kesepakatan antara perusahaan di Singapura dengan gabungan kelompok tani (gapoktan) di Kabupaten Kutai Timur, Kaltim, untuk ekspor pisang kepok," ujar Kepala Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Hortikultura (DPTPH) Provinsi Kaltim, Siti Farisya Yana dikutip Senin (27/6).

Yana menjelaskan, kesepakatan itu berupa nota kesapahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Benelux Floris & Food Pte bersama Gapoktan Berkah Bersatu Kaubun (BBK) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) yang dilakukan pada 16 Juni 2022 di Nagoya, Batam.

Menurut Yana, dalam MoU tersebut antara lain disepakati, pengiriman oleh Gapoktan BBK Kabupaten Kutim ke perusahaan tersebut sebanyak 30.000 sisir pisang kepok per 15 hari, atau dalam satu bulan dilakukan pengiriman 60.000 sisir, sehingga total dalam dua tahun mencapai 1.440.000 sisir.

Sponsored

Yana menambahkan, lama kontrak disepakati dua tahun, mulai Juli 2022 hingga Juli 2024 dengan nilai kontrak mencapai Rp37,44 miliar. Kontrak tersebut bisa saja diperpanjang jika masa kontrak telah habis dan keduanya saling diuntungkan.

Lebih lanjut, Yana menuturkan, kualitas pisang sebelum diekspor tentu harus berstandar internasional dan sesuai yang diinginkan oleh perusahaan, sedangkan untuk sertifikasinya dilakukan oleh DPTPH Provinsi Kaltim.

"Semoga petani pisang Kaltim makin semangat mengembangkan perkebunan pisang karena peluang ekspor masih terbuka ke berbagai negara lain," pungkas Yana.

Berita Lainnya
×
tekid