sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemkab Kukar akan bangun wisata UMKM di kawasan anak Sungai Mahakam

Pemkab Kukar akan merevitalisasi kawasan anak Sungai Mahakam dengan konsep wisata UMKM.

Nadya Angelica Mutiara Amanda
Nadya Angelica Mutiara Amanda Kamis, 30 Jun 2022 13:51 WIB
Pemkab Kukar akan bangun wisata UMKM di kawasan anak Sungai Mahakam

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Disperkim) Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur, akan merevitalisasi kawasan anak Sungai Mahakam dengan konsep wisata UMKM. Kepala Disperkim Kukar, Maman Setiawan, mengatakan pihaknya akan membongkar 196 rumah dan membangun 300 unit bangunan untuk pelaku UMKM.

“Anggaran tersebut digunakan untuk kegiatan membongkar 196 rumah warga yang berada di pinggiran anak sungai Mahakam dan dibangun sebanyak 300 unit bangunan, dalam bentuk seragam dengan ukuran 6×7 meter, untuk para pelaku UMKM,” ujarnya, Selasa (28/6).

Maman menjelaskan revitalisasi ini akan dikerjakan di Jalan Kartini dan Jalan Panjaitan dengan panjang 1,3 kilometer. Program ini bertujuan memngubah kawasan yang saat ini terkesan kumuh menjadi tempat yang memiliki daya tarik wisata sehingga meningkatkan perekonomian warga.

“Kawasan ini berada di Jalan Kartini dan Jalan di Panjaitan dengan jarak 1,3 Kilometer, yang akan di tata rapi agar menarik daya wisata, yang saat ini terkesan kumuh,” katanya.

Sponsored

Nantinya, kawasan tersebut akan dilengkapi dengan ruang untuk pejalan kaki dan seluruh bangunan akan dibangun menghadap ke arah sungai. Maman menyebut sepanjang kawasan akan dibuat taman, wisata kapal, lokasi kuliner dan 30% akan dialokasikan untuk ruang terbuka.

“Sesuai dengan desain wisata UMKM sudah di kerjakan ini, seluruh bangunan akan menghadap ke sungai, serta dibangun serupa sehingga terlihat indah guna menarik perhatian para wisatawan,” urainya.

Maman menyebut pembangunan ini diestimasi memakan biaya Rp200 miliar dengan jangka waktu 1 tahun.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid