sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemkab Kukar bentuk Klinik Konsultasi Desa Idaman tiap kecamatan

Klik ini menjadi upaya memperkuat komitmen pemangku kepentingan dalam memberdayakan seluruh aparatur pemerintahan desa.

Nadya Angelica Mutiara Amanda
Nadya Angelica Mutiara Amanda Senin, 14 Nov 2022 11:37 WIB
Pemkab Kukar bentuk Klinik Konsultasi Desa Idaman tiap kecamatan

Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) menginstruksikan tiap kecamatan memiliki Klinik Konsultasi (Klik) Desa Idaman untuk melaksanakan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan serta pemberdayaan masyarakat di desa. Kepala DPMD Kukar, Arianto mengatakan Klik ini menjadi upaya memperkuat komitmen pemangku kepentingan dari tingkat kecamatan hingga kabupaten dalam memberdayakan seluruh aparatur pemerintahan desa.

“Saya mendorong agar Klinik Konsultasi (Klik) Desa Idaman di Kecamatan dibentuk sebagai satuan tugas yang dibentuk oleh Camat sebagai media untuk mengakselerasi penguatan kapasitas aparatur Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa di wilayahnya masing-masing,” katanya saat Focus Group Discusion (FGD), Minggu (13/11).

Arianto menjelaskan Klik Desa Idaman ini bertugas memberikan layanan konsultasi bagi desa terkait kendala dan permasalahan yang dihadapi oleh Pemerintah Desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa. Selain itu, Klik Desa Idaman juga menyediakan layanan konsultasi pemanfaatan dan pengembangan potensi Desa.

"Klik Desa Idaman bertujuan meningkatkan kapasitas aparatur desa dan Lembaga Kemasyarakatan Desa dalam mengelola pembangunan yang akuntabel, transparan serta mengutamakan pemenuhan kebutuhan masyarakat miskin dan rentan sesuai tujuan SDG’s Desa," tuturnya.

Sponsored

Dalam kesempatan ini, Arianto menerangkan penyelenggaraan FGD juga merupakan forum dalam rangka implementasi salah satu program dalam RPJMD Kabupaten Kukar periode 2021-2026, yakni Program Dedikasi Kukar Bebaya. Ia berharap pembentukan Klik Desa Idaman ini dapat mendorong pemdes menjadi lebih kuat dan terus bersinergi dalam menyejahterakan masyarakat.

"Inilah yang diharapkan dari pembentukan klinik Konsultasi Desa Idaman untuk memperkuat semangat serta komitmen bersama," tandasnya.

Berita Lainnya
×
tekid