close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Ilustrasi penggunaan rel kereta api. Sumber Foto: djka.dephub.go.id
icon caption
Ilustrasi penggunaan rel kereta api. Sumber Foto: djka.dephub.go.id
Daerah
Rabu, 30 Maret 2022 10:24

Pemkab Pandeglang tindak lanjuti mangkraknya reaktivasi Jalur KA Rangkasbitung-Labuan

Bupati Pandeglang, Irna Narulita berencana mengunjungi Kemenhub untuk melakukan koordinasi soal rencana reaktivasi jalur kereta api ini.
swipe

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pandeglang akan mengirimkan surat ke Kementerian Perhubungan (Kemenhub) untuk mempertanyakan reaktivasi jalur kereta api rute Rangkasbitung-Labuan. Hal ini sehubungan dengan mangkraknya reaktivasi jalur kereta yang masuk proyek strategis nasional tersebut.

"Nanti kita kirim surat ke pusat," ujar Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Pandeglang, Tatang Muhtasar dalam keterangannya, Selasa (29/3).

Tatang mengatakan pihaknya hanya sebatas mendampingi dalam pendataan lahan yang digunakan warga. Terutama lahan di wilayah Kelurahan Kadomas yang digunakan menjadi stasiun kereta api.

"Pendataan lahan sudah selesai. Untuk wilayah Kadomas ada sekitar 160 bidang tanah. Pemerintah daerah hanya sebatas membackup KAI. Segala sesuatunya ada di KAI," terangnya.

Sejalan dengan Tatang, Bupati Pandeglang, Irna Narulita berencana mengunjungi Kemenhub untuk melakukan koordinasi soal rencana reaktivasi jalur kereta api ini.

"Reaktivasi jalur kereta api masih mangkrak. Belum ada kejelasan. Nanti kami akan roadshow ke pusat," imbuhnya.

Menurut Irna, keberadaan kereta api bisa mendongkrak ekonomi Pandeglang. Sehingga ia mendorong kembali beroperasinya jalur kereta api di Kabupaten Pandeglang.

"Kami ingin reaktivasi jalur kereta api dilaksanakan sesuai harapan. Kami ingin pusat memperhatikan daerah," harapnya.

Artikel ini ditulis oleh :

img
Nadya Angelica Mutiara Amanda
Reporter
img
Nadya Angelica Mutiara Amanda
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan