sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pemprov Kaltim maksimalkan aplikasi peduli lindungi verifikasi pemudik

Pemprov Kaltim memaksimalkan aplikasi Peduli Lindungi untuk memverifikasi pemudik di bandara maupun pelabuhan.

Kartiko Bramantyo Dwi Putro
Kartiko Bramantyo Dwi Putro Selasa, 29 Mar 2022 17:08 WIB
Pemprov Kaltim maksimalkan aplikasi peduli lindungi verifikasi pemudik

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur (Pemprov Kaltim) memaksimalkan aplikasi Peduli Lindungi untuk memverifikasi pemudik di bandara maupun pelabuhan. Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah mengizinkan mudik pada Hari Raya Idulfitri tahun ini dengan beberapa syarat, salah satunya wajib melakukan vaksinasi booster.

"Pengecekan dilakukan melihat Peduli Lindungi para penumpang sesuai dengan regulasi yang diterbitkan oleh Satgas Nasional Covid-19 bagi para pelaku perjalanan," kata Plt. Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kaltim, Masitah, Senin (28/3).

Masitah menjelaskan, saat ini pihaknya masih menunggu regulasi dari Satgas Penanganan Covid-19 terkait aturan protokol kesehatan (prokes) mudik lebaran.

"Regulasi selengkapnya kita masih menunggu terbitnya Surat Edaran (SE) Satgas Nasional Covid-19," jelasnya.

Menurut Masitah, saat ini Pemprov bersama TNI-Polri terus berupaya menggenjot capaian vaksinasi Covid-19, khususnya bagi lanjut usia (Lansia).

"Kita tingkatkan cakupan vaksinasi dengan melibatkan TNI-Polri dan sektor terkait serta regulasi yang diterbitkan terkait PPKM dan libur panjang," lanjutnya.

Lebih lanjut, Masitah menyampaikan, saat ini vaksinasi Lansia dosis pertama mencapai 74,92 persen. Kemudian dosis kedua 57,55 persen dan dosis ketiga 12,75 persen per tanggal 26 Maret 2022.

"Seluruh kabupaten/kota sudah mencapai di atas 60 persen untuk cakupan dosis pertama. Untuk cakupan dosis kedua yang telah mencapai di atas 60 persen yaitu kota Balikpapan, Bontang dan Kabupaten Mahakam Ulu," pungkasnya.

Sponsored
Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid