close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Timur (Kaltim), Sri Wahyuni. Foto: kaltimprov.go.id
icon caption
Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Timur (Kaltim), Sri Wahyuni. Foto: kaltimprov.go.id
Daerah
Rabu, 17 Mei 2023 11:30

Tingkatkan investasi, Sekda promosi kekayaan Kaltim di forum bisnis AIPIF Australia

Menurut Sekda, momen AIPIF sangat bagus untuk mempromosikan keunggulan Kaltim agar menarik investasi masuk.
swipe

Sekretaris Daerah (Sekda) Kalimantan Timur (Kaltim), Sri Wahyuni, memaparkan potensi investasi dan keunggulan wilayahnya pada forum bisnis dan investasi ASEAN Indo-Pacific Infrastructure (AIPIF) Roadshow 2023 di Australia. Menurutnya, momen tersebut sangat bagus untuk mempromosikan keunggulan Kaltim agar menarik investasi masuk, sehingga pembangunan daerah juga akan meningkat.

“Kaltim sedang melaksanakan transformasi perekonomian dengan pengembangan kawasan ekonomi khusus, kawasan industri manufaktur untuk pengembangan produk hilir dari sumber daya alam tak terbarukan,” jelas Sri, dilansir dari kaltimprov.go.id, Selasa (16/5).

Sri juga menjelaskan keunggulan Kaltim sebagai tempat Ibu Kota Negara (IKN) negara baru Indonesia. Kaltim juga menjadi bagian dari Pulau Kalimantan, yakni pulau terbesar ketiga di dunia yang memiliki berbagai sumber daya alam.

“Kaltim berada di Pulau Kalimantan, yang merupakan pulau ketiga terbesar di dunia. Saat ini Kaltim masih bergantung pada sumber daya alam tak terbarukan, seperti minyak bumi, gas dan batu bara. Termasuk kelapa sawit dan hasil hutan,” urainya.

Sri juga menyampaikan gambaran perekonomian Kaltim yang pada tahun 2022 tumbuh sebesar 4,48%, dengan neraca perdagangan mengalami surplus sebesar USD 30,63 miliar (nomor dua terbesar nasioanl) dan masih didominasi sektor pertambangan batu bara.

Pada kesempatan tersebut, Sri mengaku bangga telah diberi kesempatan menyampaikan potensi yang dimiliki Kaltim pada forum sebesar ASEAN Business and Investment Summit and AIPIF Roadshow 2023.

“Merupakan suatu kebanggaan bagi kami dari Kalimantan Timur bisa menyampaikan potensi Kaltim dalam forum bisnis ini,” tutupnya.

img
Muhammad Wahid Aziz
Reporter
img
Muhammad Wahid Aziz
Editor

Untuk informasi menarik lainnya,
follow akun media sosial Alinea.id

Bagikan :
×
cari
bagikan