sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Amerika Serikat akan umumkan penambahan kasus cacar monyet setiap harinya

Hingga 27 Juli 2022, jumlah penderita cacar monyet sudah mencapai 3.500 di AS.

Ayu mumpuni
Ayu mumpuni Kamis, 28 Jul 2022 06:59 WIB
Amerika Serikat akan umumkan penambahan kasus cacar monyet setiap harinya

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS (CDC) berencana untuk membuat penyakit cacar monyet yang menyebar dengan cepat menjadi kondisi yang dapat diberitahukan secara nasional.Hal itu diumumkan sejak kemarin (27/7) waktu setempat.

Dilansir dari Reuters, Kamis (28/7), rencananya pengumuman secara nasional itu akan mulai berlaku pada 1 Agustus mendatang. Sejauh ini, data CDC hingga kemarin (27/7), sudah 3.500 penderita cacar monyet di Amerika Serikat.

"Setiap harinya, pemerintah akan memperbarui laporan data kasus oleh negara bagian ke badan tersebut dan akan memungkinkan badan tersebut untuk memantau serta menanggapi cacar monyet bahkan setelah wabah saat ini surut," kata CDC.

Dijelaskan pihak CDC, negara-negara bagian akan diminta untuk melaporkan kasus cacar monyet yang dikonfirmasi atau mungkin dalam waktu 24 jam. CDC meminta data untuk dibagikan, bahkan sebelum penyelidikan suatu kasus selesai.

Sementara, departemen kesehatan negara bagian saat ini tidak diharuskan untuk memberikan data standar tentang cacar monyet kepada pemerintah federal.

Untuk diketahui, penyakit yang menyebabkan gejala seperti flu dan lesi kulit ini telah dinyatakan sebagai darurat kesehatan global oleh Organisasi Kesehatan Dunia. Jumlah dan gejalanya semakin berkembang seiring merebaknya virus cacar monyet itu.

Endemik yang lama di negara-negara Afrika, cacar monyet telah menyebar sebagian besar di Eropa dan Amerika Utara sejak Mei di antara orang-orang yang tidak memiliki riwayat perjalanan baru-baru ini ke daerah endemik. Lebih dari 16.000 kasus dari 75 negara dan wilayah telah dilaporkan ke WHO.

Saat ini, wabah terkonsentrasi di antara pria yang berhubungan seks dengan pria, terutama mereka yang berganti-ganti pasangan, menurut WHO. Masa inkubasi cacar monyet biasanya antara enam dan 13 hari, tetapi dapat berkisar dari lima hingga 21 hari.

Sponsored
Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sengkarut zonasi di atas tanah LSD

Sabtu, 06 Agst 2022 17:13 WIB
Berita Lainnya
×
tekid