sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Debat cawapres AS, partisi menjadi peserta ekstra di panggung

Ketika kamera menunjukkan Pence atau Harris dari samping, refleksi para kandidat terlihat jelas di penghalang.

Angelin Putri Syah
Angelin Putri Syah Kamis, 08 Okt 2020 13:10 WIB
 Debat cawapres AS, partisi menjadi peserta ekstra di panggung
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 410.088
Dirawat 58.418
Meninggal 13.869
Sembuh 337.801

Berbeda dari debat calon presiden lalu, terdapat plexiglass di antara Mike Pence dari Partai Republik dan Kamala Harris dari Partai Demokrat dalam debat calon wakil presiden, Rabu (7/10).

Partisi tersebut tidak disebutkan pada Rabu (7/10) malam karena Pence dan Harris mengarahkan kritik satu sama lain, dan penonton rumah tidak dapat melihatnya dalam gambar TV layar terpisah. Namun, ketika kamera menunjukkan Pence atau Harris dari samping, refleksi para kandidat terlihat jelas di penghalang.

Itu adalah pengingat akan coronavirus yang menonjol dalam diskusi malam itu. Pence dan Harris ditempatkan di meja yang berjarak lebih dari 3,7 meter, masing-masing dengan partisi di sisi menghadap calon lainnya.

Tim Senator Harris meminta plexiglass digunakan setelah Presiden Donald Trump didiagnosis dengan Covid-19 tak lama setelah debat presiden pertamanya melawan Demokrat Joe Biden pekan lalu di Cleveland. Tetapi Tim Pence bersikeras itu tidak diperlukan secara medis.

Dalam sebagian besar debat, Pence dan Harris mengarahkan komentar mereka kepada moderator Susan Page dari USA Today, daripada saling berkomentar ke satu sama lain. Sedangkan, Page tidak dilindungi oleh plexiglass.

Ini menjadi pengingat lain bahwa sekarang bukan waktu yang normal untuk debat wakil presiden. Apalagi terdapat 20 kursi untuk para tamu yang berjarak sekitar 1,8 meter di ruang debat, di sebuah pusat seni pertunjukan di kampus Universitas Utah.

Di balkon auditorium terdapat 60 siswa yang memenangkan lotre untuk tiket dan diberi masker universitas berwarna salmon. Donatur dan tamu lain duduk di kursi teater, meskipun setidaknya ada dua kursi kosong di antara para tamu.

Staf panitia debat mengukur suhu tamu saat masuk ke aula dan meminta orang-orang untuk membersihkan tangan mereka. Pemakaian masker diperlukan. Para tamu diingatkan sebelum acara dimulai untuk tetap mengenakan masker dan diberitahu bahwa siapa pun yang tidak mematuhi akan diminta untuk mengenakannya kembali.

Sponsored

Ketua Komisi Debat Presiden Frank Fahrenkopf, memperingatkan mereka yang menolak akan dikawal keluar oleh penegak hukum.

Pada debat presiden pembukaan pekan lalu, beberapa undangan Trump diberi masker tetapi menolak untuk memakainya, padahal panitia penyelenggara telah memintanya secara tegas.

Perdebatan debat cawapres berlangsung tanpa henti. Namun setelah selesai, Karen Pence melepas masker yang ia kenakan saat bergabung dengan suaminya di atas panggung. Doug Emhoff, suami Harris, tetap memakai maskernya.

Baik Harris dan Pence dinyatakan negatif dari virus pada Selasa (6/10), kata tim masing-masing. Sebelumnya sejumlah anggota pemerintahan Trump terus dinyatakan positif.

Sebelum debat, puluhan pendukung Trump dan Pence berdiri di jalan di luar sambil mengibarkan bendera dan meneriakkan dukungannya, beberapa memegang tanda antiaborsi.

Sedangkan antrean panjang pendukung tiket Biden-Harris, banyak yang bersorak-sorai dan melambai-lambaikan tanda kampanye, juga berbaris di sekitar auditorium.

 

Sumber: AP News

Berita Lainnya