sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Komentar soal Uighur, Mesut Ozil dihapus dari PES 2020 di China

Pernyataan Ozil dinilai melukai perasaan penggemar di China dan melanggar semangat olahraga.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Kamis, 19 Des 2019 19:24 WIB
Komentar soal Uighur, Mesut Ozil dihapus dari PES 2020 di China

Karakter pesepak bola yang bermain untuk klub Liga Premier Inggris Arsenal, Mesut Ozil, akan dihapus dari gim eFootball Pro Evolution Soccer (PES) 2020 yang diedarkan di China. Langkah tersebut dilakukan setelah Ozil berkomentar atas isu muslim Uighur. 

NetEase, distributor PES di China, pada Rabu (18/12) mengonfirmasi bahwa mereka akan menghapus karakter Ozil dari tiga seri gim, termasuk PES 2020 Mobile.

"Pesepak bola Jerman Ozil mengunggah pernyataan keras tentang China di media sosial," kata NetEase lewat akunnya di Weibo pada Rabu.

"Pernyataan tersebut melukai perasaan penggemar di China dan melanggar semangat olahraga ... Kami tidak memahami, menerima atau memaafkan itu."

Ozil, seorang muslim berkewarganegaraan Jerman asal Turki, mengunggah pesan di media sosial yang menyebut minoritas Uighur sebagai para pejuang yang menentang penganiayaan. Dia juga mengkritik tindakan keras China dan diamnya dunia muslim dalam menyikapi dugaan penganiayaan Uighur.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan, Ozil ditipu oleh berita palsu.

Arsenal sendiri dengan cepat mengambil jarak dari pernyataan Ozil dengan mengatakan, klub selalu berpegang pada prinsip tidak melibatkan diri dalam politik.

Namun, Ozil mendapat dukungan dari mantan manajer Arsenal Arsene Wenger yang menegaskan bahwa setiap pemain memiliki hak untuk berpendapat.

Sponsored


Sumber : Reuters

Berita Lainnya

2 varian Xiaomi Mi MIX 4 muncul di TENAA

Kamis, 29 Jul 2021 15:17 WIB

Pemkot Kediri upayakan tambah ambulans

Sabtu, 10 Jul 2021 18:32 WIB

ICW: Tuntutan 11 Tahun Juliari Sangat Rendah

Kamis, 29 Jul 2021 18:48 WIB