close icon
Scroll ke atas untuk melanjutkan
Korban tewas sekte Kenya mencapai 200, dengan lebih dari 600 dilaporkan hilang. Foto: Reuters

Korban tewas sekte Kenya mencapai 200, dengan lebih dari 600 dilaporkan hilang

Mackenzie, yang ditangkap bulan lalu, tetap ditahan. Polisi berencana untuk mendakwanya dengan pelanggaran terkait terorisme.
swipe

Korban tewas terkait dengan kultus hari kiamat di Kenya mencapai 201 setelah polisi menggali 22 kuburan lagi, Sabtu (13/5). Kebanyakan dari korban tewas menunjukkan tanda-tanda kelaparan.

Mayat-mayat tersebut diyakini sebagai pengikut seorang pendeta yang berbasis di pesisir Kenya, Paul Mackenzie. Dia diduga telah memerintahkan jemaat untuk mati kelaparan untuk bertemu Yesus.

Lebih dari 600 orang masih hilang.

Mackenzie, yang ditangkap bulan lalu, tetap ditahan. Polisi berencana untuk mendakwanya dengan pelanggaran terkait terorisme.

Ratusan mayat telah digali dari puluhan kuburan massal yang tersebar di properti seluas 800 hektar miliknya, yang terletak di wilayah pesisir Kilifi.

Mackenzie bersikeras bahwa dia menutup gerejanya pada tahun 2019 dan pindah ke propertinya di kawasan hutan untuk bertani.

Otopsi yang dilakukan pada lebih dari 100 mayat pekan lalu menunjukkan para korban meninggal karena kelaparan, pencekikan, mati lemas dan luka-luka akibat benda tumpul.

Outlet media lokal telah melaporkan kasus hilangnya organ tubuh internal, mengutip penyelidik dalam kasus tersebut.

Mackenzie, istrinya, dan 16 tersangka lainnya akan hadir di pengadilan pada akhir bulan ini.

Komisaris daerah pantai Rhoda Onyancha pada hari Sabtu mengatakan jumlah total orang yang ditangkap mencapai 26 orang, dengan 610 orang dilaporkan hilang oleh keluarga mereka.

Tidak jelas berapa banyak orang yang selamat sejauh ini telah dievakuasi dari operasi pencarian dan penyelamatan di properti Mackenzie yang luas. Beberapa dari mereka terlalu lemah untuk berjalan saat ditemukan.

Kultus adalah hal biasa di Kenya, yang memiliki masyarakat yang religius.

Polisi di seluruh negeri telah menginterogasi pemuka agama lain yang ajarannya diyakini menyesatkan dan bertentangan dengan hak asasi manusia.

Presiden William Ruto pekan lalu membentuk komisi penyelidikan untuk menyelidiki bagaimana ratusan orang dipancing untuk mati di pantai dan merekomendasikan tindakan terhadap institusi yang gagal bertindak.

Mackenzie pernah didakwa atas kematian anak-anak di gerejanya dalam kasus yang sedang berlangsung di pengadilan. (france24)

Korban tewas sekte Kenya mencapai 200, dengan lebih dari 600 dilaporkan hilang
Minggu, 14 Mei 2023 06:55
Artikel ditulis oleh
img
Fitra Iskandar
Reporter
img
Fitra Iskandar
Editor
Bagikan :
×
cari
bagikan