sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Macron marah istrinya dihina Presiden Brasil

Presiden Macron menyatakan perilaku Presiden Bolsonaro tidak hanya menyedihkan bagi dirinya, tapi juga bagi warga Brasil.

Valerie Dante
Valerie Dante Selasa, 27 Agst 2019 10:22 WIB
Macron marah istrinya dihina Presiden Brasil

Presiden Prancis Emmanuel Macron mengutuk apa yang disebutnya sebagai komentar yang sangat kasar terhadap istrinya oleh Presiden Brasil Jair Bolsonaro.

"Dia telah menyampaikan beberapa komentar yang sangat kasar tentang istri saya," kata Macron pada konferensi pers KTT G7 di Biarrtiz, Prancis, Senin (26/8).

Macron menyatakan perilaku Bolsonaro tidak hanya menyedihkan bagi dirinya, tapi juga bagi warga Brasil.

"Saya pikir warga Brasil, yang merupakan orang-orang hebat, mungkin malu melihat kelakuan presiden mereka ... Karena saya memiliki rasa hormat terhadap warga Brasil, saya berharap bahwa mereka akan segera memiliki presiden yang berperilaku dengan benar," ujar Macron.

Pada Minggu (25/8), Bolsonaro menanggapi sebuah unggahan di Facebook yang menyiratkan bahwa istri Macron, Brigitte, tidak secantik istrinya, Michelle.

Seorang pendukung Bolsonaro mengunggah foto yang membandingkan Brigitte yang berusia 65 tahun dengan Michelle yang berusia 37 tahun. Orang itu menyertakan kalimat, "Sekarang Anda mengerti mengapa Macron menganiaya Bolsonaro?".

Bolsonaro berkomentar di unggahan tersebut, mengatakan, "Jangan mempermalukan pria itu, hahaha". Banyak yang mengkritik Bolsonaro, mengatakan bahwa komentarnya berbau seksis dan menghina Brigitte.

Sejak kebakaran hutan melanda Amazon pada Agustus, konfrontasi antara Macron dan Bolsonaro meningkat serta dipandang sebagai krisis diplomatik terburuk antara Prancis dan Brasil dalam 40 tahun terakhir.

Sponsored

Bolsonaro marah setelah menjelang KTT G7, Macron mentwit sejumlah foto Hutan Amazon yang terbakar dan menulis, "Rumah kami benar-benar terbakar". Macron menyebut peristiwa itu sebagai krisis internasional dan mengkritik penanganan pemerintahan Brasil atas kebakaran tersebut.

Pada Senin, Bolsonaro mengecam rencana Macron dan negara G7 lainnya yang berkomitmen untuk menggalang dana dan membentuk aliansi internasional untuk melawan kebakaran Hutan Amazon.

"Langkah itu merupakan serangan konyol dan tidak diperlukan terhadap Hutan Amazon," twitnya.

Presiden Bolsonaro menuduh Macron memperlakukan Hutan Amazon seolah-olah wilayah itu merupakan daerah koloninya.

Dia menyampaikan, pemerintahnya sedang berbicara dengan Presiden Kolombia Ivan Duque untuk membuat rencana bersama dengan sebagian besar negara di wilayah Amazon demi menjamin kedaulatan dan kekayaan alam mereka.

Sejak menjabat pada Januari, Bolsonaro telah menentang penerapan kebijakan pro-lingkungan di Brasil. Dia berulang kali manyatakan bahwa Brasil harus membuka Hutan Amazon untuk kepentingan bisnis agar perusahaan pertambangan, pertanian dan penebangan dapat mengeksploitasi sumber daya alamnya.

Amazon merupakan hutan hujan tropis terbesar di dunia dan dipandang vital untuk memerangi pemanasan global karena jumlah besar karbon dioksida yang diserapnya. Hutan Amazon merupakan sumber dari 20% oksigen Bumi dan rumah bagi sekitar satu juta penduduk asli dari 500 suku, serta tiga juta spesies tumbuhan dan hewan. (Al Jazeera dan The Guardian)