sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Menlu Iran puji sikap Indonesia terkait kesepakatan nuklir

Menlu Iran mengatakan, Indonesia mengambil posisi untuk mempertahankan JCPOA dalam DK PBB.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 19 Apr 2021 19:05 WIB
Menlu Iran puji sikap Indonesia terkait kesepakatan nuklir

Dalam pertemuan dengan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi di Jakarta, pada Senin (19/4), Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif mengapresiasi posisi prinsip yang dianut Indonesia terkait kesepakatan nuklir 2015 (JCPOA).

Dikutip dari kantor berita Mehr, menurut Zarif, Indonesia mengambil posisi untuk mempertahankan JCPOA dalam Dewan Keamanan PBB (DK PBB).

Selain itu, Menlu Zarif mengungkapkan kepuasannya atas peningkatan perdagangan dan volume ekonomi antara Iran dan Indonesia.

Menurutnya, kedua negara memiliki potensi dan kapasitas yang sangat besar untuk memperluas hubungan ekonomi bersama.

Sponsored

Menlu Zarif juga menekankan perlunya percepatan penyelesaian Preferential Trade Agreement (PTA) antara Iran dan Indonesia.

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama, Menlu Retno memuji hubungan persahabatan yang semakin erat antara kedua negara Iran dan Indonesia di berbagai bidang terutama bidang ekonomi dan berharap hubungan perdagangan kedua negara dapat difasilitasi dengan menggunakan joint business commission.

Dukungan terhadap hukum internasional serta pertukaran pandangan tentang perkembangan terakhir dalam proses perdamaian di Afghanistan merupakan topik lain yang dibahas oleh kedua belah pihak.

Berita Lainnya