sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Norimasa Shimomura resmi jadi Kepala UNDP Indonesia

Sebelum bertugas di Indonesia, Shimomura merupakan Koordinator Residen PBB di Kazakhstan.

Valerie Dante
Valerie Dante Jumat, 20 Nov 2020 13:12 WIB
Norimasa Shimomura resmi jadi Kepala UNDP Indonesia
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 502.110
Dirawat 63.722
Meninggal 16.002
Sembuh 422.386

Norimasa Shimomura pada Kamis (19/11) resmi menjabat sebagai Kepala Perwakilan UNDP Indonesia yang baru, menyusul pemberian surat kepercayaan kepada Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Dalam acara yang diadakan secara daring di tengah pandemik Covid-19, Shimomura memuji komitmen Indonesia dalam mencapai agenda Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SGDs) ketika dia menyampaikan visi strategis UNDP Indonesia.

"Saya memuji komitmen Indonesia dalam upayanya meingkatkan pembangunan manusia, ekonomi, pemerataan akses keuangan, dan pembangunan rendah karbon. Saya juga menyampaikan kekaguman terhadap pemerintah Indonesia yang memahami pentingnya jalinan antara perdamaian, keamanan, dan pembangunan berkelanjutan, sebagaimana telah ditunjukkan melalui kepemimpinan untuk mempromosikan agenda perempuan, perdamaian, dan keamanan, selama masa kepresidenan di Dewan Keamanan PBB (DK PBB)," tutur dia.

Selain itu, Shimomura juga menyampaikan penghargaan kepada pemerintah Indonesia dalam dukungannya untuk penyusunan Country Program Document UNDP Indonesia kurun waktu 2021-2025 dan dalam Kerja Sama Selatan-Selatan.

"Komitmen Indonesia dalam memenuhi kebutuhan masyarakat terutama di bidang kesehatan dan mata pencaharian patut untuk diapresiasi. Saya siap bekerja bersama untuk mengusahakan solusi inovatif dan menjawab berbagai tantangan yang ada terutama pada saat yang tidak menentu seperti sekarang ini," tutur dia.

Lebih lanjut, dia menuturkan berkat kontribusi Indonesia, UNDP telah menjadi partner di berbagai inisiatif strategis yang mendorong upaya Indonesia dalam pencapaian SDGs.

"Saya sangat percaya diri bahwa kerja sama yang terus terjalin akan memastikan bahwa tidak akan ada siapa pun yang tertinggal," tambahnya.

Dalam pertemuan pada Kamis (19/11), Menlu Retno menyampaikan apresiasi atas kemitraan UNDP dengan pemerintah Indonesia. Dia juga menegaskan kembali komitmen kuat Indonesia untuk mencapai agenda SDGs dan menambahkan, pemulihan pandemik Covid-19 harus menjadi pendorong untuk memenuhi agenda global.

Sponsored

Sebelum bertugas di Indonesia, Shimomura merupakan Koordinator Residen PBB di Kazakhstan. Dia juga sempat menjabat sebagai Kepala Perwakilan UNDP di Kazakhstan dan bekerja di UNDP di Montenegro, Tajikistan, Albania, Macedonia Utara, dan Georgia.

Selain itu, Shimomura pun pernah berada pada posisi kepemimpinan di Kantor Pusat Biro Regional UNDP untuk Eropa dan CIS dan menjabat sebagai Staff Khusus untuk Direktur di Biro Krisis Penanggulangan dan Pemulihan UNDP. Dia juga merupakan penasihat ekonomi di Misi Permanen Jepang untuk PBB dan menjabat sebagai delegasi Komite Kedua Sidang Umum, Dewan Ekonomi dan Sosial PBB (ECOSOC) dan komite di bawahnya, serta dewan eksekutif UNDP.

Shimomura mengawali karir di UNDP di Turkmenistan dan Bosnia-Herzegovina.

Merupakan warga negara Jepang, Shimomura merupakan lulusan magister Hubungan Internasional dari Columbia University di kota New York, Amerika Serikat, serta lulusan sarjana Ilmu Politik dan Hubungan Internasional dari Sophia University di Tokyo, Jepang.

Menjinakkan La Nina demi ketahanan pangan

Menjinakkan La Nina demi ketahanan pangan

Senin, 23 Nov 2020 16:42 WIB
Efek domino kekerasan perempuan berbasis online

Efek domino kekerasan perempuan berbasis online

Minggu, 22 Nov 2020 14:48 WIB
Berita Lainnya