sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pabrik Foxconn akan kembali produksi penuh pada akhir Desember-awal Januari

Foxconn dan pemerintah setempat sedang bekerja keras dalam upaya perekrutan tetapi masih banyak ketidakpastian, menurut sumber tersebut.

Alfaridzi Putra Dwi
Alfaridzi Putra Dwi Senin, 05 Des 2022 16:30 WIB
Pabrik Foxconn akan kembali produksi penuh pada akhir Desember-awal Januari

Pemasok Apple Foxconn mengharapkan pabrik Zhengzhou yang dilanda COVID di China untuk melanjutkan produksi penuh sekitar akhir Desember hingga awal Januari, kata sumber Foxconn pada Senin (5/12)

Perusahaan ini sebelumnya dilanda kerusuhan pekerja bulan lalu yang mengganggu aktivitas di pabrik iPhone terbesar di dunia itu.

.Pembuat elektronik kontrak terbesar di dunia ini juga mengatakan pendapatan pada bulan November turun 11,4% Yoy. Ini mencerminkan masalah produksi terkait dengan pengendalian COVID-19 di pabrik utama iPhone.

"Saat ini, situasi epidemi secara keseluruhan telah dikendalikan dengan November sebagai periode yang paling terpengaruh," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan, seraya menambahkan telah mulai merekrut karyawan baru dan secara bertahap memulihkan kapasitas produksi menjadi normal.

Foxconn mengatakan pendapatan November untuk bisnis elektronik konsumen pintar, yang mencakup smartphone, menurun dari tahun ke tahun di antaranya karena sebagian pengiriman dipengaruhi oleh gangguan produksi di Zhengzhou.

Pabrik Zhengzhou bergulat dengan pembatasan ketat COVID-19 yang memicu ketidakpuasan di kalangan pekerja atas kondisi di pabrik. Produksi perangkat Apple terganggu menjelang liburan Natal dan Tahun Baru Imlek di bulan Januari, dengan banyak pekerja harus mengisolasi diri untuk memerangi penyebaran virus atau melarikan diri dari pabrik.

Menyusul kerusuhan November, yang membuat para pekerja bentrok dengan personel keamanan, Foxconn dapat melihat lebih dari 30% produksi November pada situs Zhengzhou terpengaruh. Foxconn belum mengungkapkan rincian dampak gangguan pada rencana produksi atau keuangannya.

Analis mengatakan Foxconn merakit sekitar 70% iPhone, dan pabrik Zhengzhou memproduksi sebagian besar model premiumnya termasuk iPhone 14 Pro.

Sponsored

"Kapasitas sekarang secara bertahap dilanjutkan" dengan perekrutan staf baru sedang berlangsung, kata orang yang mengetahui langsung masalah tersebut. Orang tersebut menolak disebutkan namanya karena informasinya bersifat pribadi.

"Jika rekrutmen berjalan lancar, bisa memakan waktu sekitar tiga hingga empat minggu untuk melanjutkan produksi penuh," kata sumber itu, menunjuk periode sekitar akhir Desember hingga awal Januari.

Foxconn dan pemerintah setempat sedang bekerja keras dalam upaya perekrutan tetapi masih banyak ketidakpastian, menurut sumber tersebut. Orang tersebut mengutip "ketakutan" yang mungkin dimiliki beberapa pekerja tentang bekerja untuk perusahaan setelah pabrik tersebut dilanda protes bulan lalu yang terkadang berubah menjadi kekerasan. (reuters)

Berita Lainnya
×
tekid