sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Penobatan Kaisar Jepang, debut global Ma'ruf Amin

Ma'ruf Amin bertolak ke Tokyo hari ini pukul 10.00, dengan menggunakan pesawat kepresidenan BBJ Indonesia 1.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Senin, 21 Okt 2019 19:24 WIB
Penobatan Kaisar Jepang, debut global Ma'ruf Amin
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 381.910
Dirawat 63.733
Meninggal 13.077
Sembuh 305.100

Keluarga kerajaan dan pemimpin dari seluruh dunia berkumpul di Jepang jelang ritual penobatan Kaisar Naruhito (59) di Tokyo pada Selasa (22/10), sebuah upacara yang disebut berlangsung dengan mewah dan sarat simbol.

Penobatan Kaisar Jepang ini menjadi debut Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin di panggung internasional. 

Dikutip dari Antara, Senin (20/10), Ma'ruf Amin bertolak ke Tokyo hari ini pukul 10.00, dengan menggunakan pesawat kepresidenan BBJ Indonesia 1. Dia dijadwalkan mendarat di Bandara Internasional Narita pukul 19.30 waktu setempat dan langsung menuju Imperial Hotel.

Dalam lawatan tersebut, Ma'ruf Amin didampingi oleh istrinya, Wury Ma'ruf Amin, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dan Kepala Setwapres Mohamad Oemar.

Ma'ruf Amin dan rombongan dijadwalkan kembali ke Jakarta pada pukul 17.00 waktu setempat. 

Naruhito menjadi kaisar pada 1 Mei, sehari setelah sang ayah, Akihito, turun takhta. Serangkaian upacara telah dilakukan dan puncaknya adalah penobatan besok.

Upacara penobatan di Istana Kekaisaran akan dimulai pukul 13.00 waktu Jepang. Demikian seperti dikutip dari Telegraph.

Di hadapan para tamu, Naruhito, akan berpidato dari takhta berkanopi, yang dikenal sebagai Takamikura. Ayah satu anak itu akan mengenakan jubah kebesaran berwarna oranye gelap, dan didampingi oleh sang istri, Permaisuri Masako.

Sponsored

Berikutnya, giliran PM Shinzo Abe yang menyampaikan pidato berisi ucapan selamat atas nama bangsa. Abe akan memimpin para tamu bersorak "banzai" tiga kali sebagai ekspresi harapan panjang umur bagi kaisar.

Dalam rencana awal, setelah pidato Abe, kaisar dan permaisuri baru akan menyapa rakyat dengan menumpangi mobil beratap terbuka. Tapi kemudian Badan Rumah Tangga Kekaisaran pada Jumat (18/10) memutuskan menunda tahap tersebut sebagai bentuk penghormatan terhadap para korban Topan Hagibis, yang melanda Jepang pada 12 Oktober.

Hagibis memicu banjir dan tanah longsor, menewaskan 79 orang dan 10 lainnya dilaporkan masih hilang.

Kaisar Naruhito dan Permaisuri Masako dijadwalkan akan menyapa rakyat pada 10 November.

Perjamuan besok akan dilanjutkan di Istana Kekaisaran bagi anggota keluarga kerajaan. Sementara, PM Abe akan menggelar makan malam serupa di Hotel New Otani.

Dana sebesar 114 juta pound sterling atau setara Rp2 triliun disebut digelontorkan untuk rangkaian upacara turun takhta hingga penobatan.

Menurut Kementerian Luar Negeri Jepang seperti dilansir The Japan Times, total 183 negara asing mengirim perwakilan untuk upacara penobatan. Jumlah itu naik dari angka 160 pada penobatan 1990.

Para tamu kerajaan yang hadir besok termasuk Raja Willem-Alexander dan Ratu Maxima dari Belanda, Raja Philippe dan Ratu Mathilde dari Belgia, Raja Spanyol Felipe VI dan Ratu Letitia, Putra Mahkota Inggris Pangeran Charles dan Raja Bhutan Jigme Khesar Namgyel Wangchuck. 

Selain Wapres Ma'ruf Amin, dari kalangan pemerintahan hadir pula pemimpin de facto Myanmar Aung San Suu Kyi, Wakil Presiden China Wang Qishan dan Menteri Transportasi Amerika Serikat Elaine Chao juga hadir besok.

Kaisar Emeritus Akihito dan Permaisuri Emerita Michiko tidak akan hadir dalam upacara penobatan putra mereka besok.

Berita Lainnya