sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Pesawat wisata jatuh di Alaska akibatkan 6 orang tewas

Penjaga Pantai menemukan lokasi kecelakaan di "daerah pegunungan yang curam," kata Departemen Keamanan Publik Alaska.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Jumat, 06 Agst 2021 16:31 WIB
Pesawat wisata jatuh di Alaska akibatkan 6 orang tewas

Sebanyak enam orang tewas setelah sebuah pesawat wisata jatuh di tenggara Alaska pada Kamis 5 Agustus. Mereka adalah penumpang kapal pesiar Holland America Line yang ingin mengunjungi Monumen Nasional Misty Fjords.

Suar peringatan darurat pesawat diaktifkan sekitar pukul 11.20 ketika pesawat jatuh di area Monumen Nasional Misty Fjords, dekat Ketchikan, kata Penjaga Pantai dalam sebuah pernyataan.

Coast Guard, Alaska State Troopers, U. S. Forest Service, dan Ketchikan Volunteer Rescue Squad (KVRS) menanggapi insiden tersebut, delapan mil timur laut Ketchikan, Alaska, pada hari Kamis.

Kru helikopter MH-60 Jayhawk dari Coast Guard Air Station Sitka menemukan puing-puing pada pukul 14:37. dan menurunkan dua perenang penyelamat yang melaporkan tidak ada yang selamat, kata Penjaga Pantai.

Penjaga Pantai menemukan lokasi kecelakaan di "daerah pegunungan yang curam," kata Departemen Keamanan Publik Alaska dalam sebuah pernyataan.

Kelima penumpang tersebut adalah penumpang kapal pesiar Holland America Line, jalur pelayaran tersebut mengumumkan di Twitter.

Pilot pesawat juga tewas

Identitas mereka tidak segera dirilis. Pasukan Negara Bagian Alaska dan sukarelawan dari Regu Penyelamat Relawan Ketchikan saat ini mengoordinasikan upaya pemulihan.

Sponsored

Pesawat berangkat dari Misty Fjords dan sedang dalam perjalanan ke Ketchikan ketika kecelakaan itu terjadi.

Ketchikan adalah perhentian populer untuk kapal pesiar yang mengunjungi Alaska, dan penumpang kapal pesiar dapat melakukan berbagai kunjungan wisata saat berada di pelabuhan, termasuk penerbangan pesawat kecil ke Monumen Nasional Misty Fjords.

Seorang juru bicara dari Holland America Line mengatakan kepada The Associated Press bahwa kapal itu berhenti di Ketchikan pada hari Kamis dan menunda keberangkatannya pada sore hari setelah pesawat itu jatuh.

Perusahaan itu mengatakan akan menyediakan layanan konseling bagi para tamu dan kru.

"Pesawat tamasya terapung ditawarkan oleh operator tur independen dan tidak dijual oleh Holland America Line," kata pernyataan itu.

Perusahaan pelayaran juga merilis pernyataan di Twitter yang mengkonfirmasi kecelakaan itu dan menyampaikan belasungkawa kepada keluarga para korban.

"Kami dapat mengonfirmasi bahwa sebuah pesawat terapung yang membawa lima tamu dari Nieuw Amsterdam terlibat dalam kecelakaan di Ketchikan, dan tidak ada yang selamat," kata perusahaan pelayaran tersebut.

“Itu adalah tur independen yang tidak dijual oleh Holland America Line. Pikiran dan doa kami bersama keluarga dan teman-teman para korban.”

Pesawat itu adalah de Havilland Beaver, yang dimiliki oleh Southeast Aviation LLC, AP melaporkan.

Kondisi cuaca pada saat kejadian adalah langit-langit awan 900 kaki (274,32 meter) dengan kabut dan hujan ringan. Jarak pandang adalah 2 mil (3,22 kilometer) dan kecepatan angin 8 mph (12,87 kph), kata Penjaga Pantai.

Dewan Keselamatan Transportasi Nasional mengirim kru untuk menyelidiki kecelakaan itu, yang diperkirakan akan tiba di Alaska pada hari Jumat.

Administrasi Penerbangan Federal (FAA) juga sedang menyelidiki insiden tersebut. (Sumber:Ntd.com)

Berita Lainnya