sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Sanders menang tipis atas Buttigieg di New Hampshire

Dengan lebih dari 91% suara di New Hampshire yang telah masuk, Sanders meraih 26%, sementara Buttigieg 25%.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Rabu, 12 Feb 2020 19:01 WIB
Sanders menang tipis atas Buttigieg di New Hampshire

Bernie Sanders mendeklarasikan kemenangan dalam pemilihan pendahuluan di New Hampshire pada Selasa (11/2) malam, sementara Pete Buttigieg yang merupakan mantan Wali Kota South Bend berada di posisi kedua.

"Izinkan saya mengatakan bahwa kemenangan di sini adalah awal dari akhir bagi Donald Trump," ungkap Sanders yang memuji gerakan akar rumput yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Pada akhir pidato kemenangannya, Sanders mengatakan, "Ini bukan hanya tentang mengalahkan Trump, ini tentang mengubah negara ini."

Dia optimistis juga akan meraih dukungan mayoritas di Nevada, South Carolina hingga akhirnya mengunci kemenangan dengan menjadi capres dari Partai Demokrat.

Dengan lebih dari 91% suara di New Hampshire yang telah masuk, Sanders meraih 26%, sementara Buttigieg 25% dan posisi berikutnya masing-masing diisi Amy Klobuchar 20%, Elizabeth Warren, dan Joe Biden.

Di lain sisi, New Hampshire menjadi akhir perjalanan sejumlah kandidat calon presiden Partai Demokrat. Pengusaha yang merupakan politikus pendatang baru Andrew Yang dan Senator Colorado Michael Bennet telah memutuskan untuk mengakhiri kampanyenya dalam konvensi nasional Partai Demokrat, sementara mantan Gubernur Massachusetts Deval Patrick disebut akan mengambil keputusan serupa.

Pemilihan pendahuluan di New Hampshire datang sepekan lebih setelah Kaukus Iowa Demokrat, yang berakhir dengan kekacauan menyusul kegagalan sebuah aplikasi ponsel yang digunakan Partai Demokrat untuk menghitung dan memverifikasi hasil pemungutan suara. Buttigieg dan Sanders bersaing ketat di Kaukus Iowa, dengan perolehan suara masing-masing 26,2% dan 26,1%.

Ada pun Trump, yang tidak memiliki penantang serius dari internal partainya, dengan mudah memenangkan pemilihan pendahuluan di New Hampshire pada Selasa malam. (The Guardian dan VoA)

Sponsored
Berita Lainnya