sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Selfie tanpa masker, Presiden Chile didenda US$3.500 dan minta maaf

Chile menerapkan aturan ketat terkait pemakaian masker di tempat umum.

Valerie Dante
Valerie Dante Senin, 21 Des 2020 13:49 WIB
Selfie tanpa masker, Presiden Chile didenda US$3.500 dan minta maaf

Presiden Chile Sebastian Pinera kena denda sebesar US$3.500 ( (senilai Rp49.5 juta) pada akhir pekan setelah berpose untuk swafoto dengan seorang warga tanpa mengenakan masker. Komisi kesehatan negara tersebut mewajibkan semua orang untuk memakai masker jika sedang berada di luar rumah.

 

Chile memang menerapkan aturan ketat terkait pemakaian masker di tempat umum. Pelanggar dapat dihukum dengan saksi yang mencakup denda atau bahkan hukuman penjara.

Setelah kabar tersebut beredar, Presiden Pinera segera menyampaikan permintaan maaf secara umum di media sosial. Pinera menjelaskan bahwa dia sedang berjalan sendirian di sekitar pantai dekat rumahnya di Kota Cachagua ketika seorang wanita mengenalinya dan meminta untuk foto bersama.

Swafoto tersebut memperlihatkan Pinera dan wanita itu berdiri berdekatan di hari yang cerah, keduanya tidak memakai masker.

Ini bukan pertama kalinya Pinera dikecam karena sebuah foto selfie. Dia sebelumnya tertangkap kamera sedang mengadakan pesta pada malam ketika protes pecah di Santiago pada 2019.

Bahkan, sia kemudian sempat berpose di alun-alun yang menjadi pusat demonstrasi setelah pandemik memaksa para pengunjuk rasa untuk tidak keluar dari rumah demi mencegah penularan Covid-19.

Kasus infeksi di Chile memuncak pada Mei dan Juni kemudian mereda hingga November. Namun, terjadi lonjakan kasus belakangan ini, mendorong kembali penerapan pembatasan sosial dan aturan lockdown atau karantina wilayah. (CNN)

Sponsored
Berita Lainnya