sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Sidang korupsi PM Israel dimulai 17 Maret

Netanyahu adalah PM pertama dalam sejarah Israel yang didakwa.

Khairisa Ferida
Khairisa Ferida Rabu, 19 Feb 2020 18:07 WIB
Sidang korupsi PM Israel dimulai 17 Maret
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 502.110
Dirawat 63.722
Meninggal 16.002
Sembuh 422.386

Kementerian Kehakiman Israel mengumumkan pada Selasa (18/2) bahwa persidangan atas dugaan korupsi yang dilakukan Perdana Menteri Benjamin Netanyahu akan dimulai pada 17 Maret, satu hari setelah parlemen yang baru terpilih di negara itu dilantik.

PM Netanyahu menghadapi satu tuduhan suap dan tiga tuduhan penipuan serta pelanggaran kepercayaan dalam tiga investigasi korupsi terpisah. Dia disebutkan wajib hadir di Pengadilan Distrik Yerusalem pada hari pertama persidangan, yang akan dipimpin oleh tiga hakim.

Pemimpin Israel berusia 70 tahun itu membantah melakukan kesalahan apa pun, menyebut proses hukum terhadap dirinya sebagai percobaan kudeta dan "witch hunt". Di bawah hukum Israel, Netanyahu tidak diharuskan untuk mundur, kecuali dia dinyatakan bersalah.

PM Netanyahu sendiri saat ini tengah mengincar masa jabatan kelima lewat pemilu yang akan berlangsung pada 2 Maret. Itu merupakan pemilu ketiga Israel dalam satu tahun terakhir setelah Netanyahu dan rivalnya, Benny Gantz, gagal menciptakan koalisi 61 kursi yang disyaratkan untuk membentuk pemerintahan mayoritas.

Sponsored

Hasil serupa dalam pemilu pada 2 Maret dapat mendorong Israel menuju pemilu keempat pada akhir tahun ini.

Netanyahu adalah PM pertama dalam sejarah Israel yang didakwa. Meski demikian, kasus-kasus hukum yang menjeratnya disebut tidak banyak mengikis basis pemilihnya. Dia telah mengamankan dukungan dari partai-partai keagamaan dan sayap kanan. (CNN)

Menjinakkan La Nina demi ketahanan pangan

Menjinakkan La Nina demi ketahanan pangan

Senin, 23 Nov 2020 16:42 WIB
Efek domino kekerasan perempuan berbasis online

Efek domino kekerasan perempuan berbasis online

Minggu, 22 Nov 2020 14:48 WIB
Berita Lainnya