sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

10 jajanan khas Bandung yang murah meriah dan enak

Bandung punya banyak sekali makanan khas yang patut Anda coba.

Tri Kurniawan
Tri Kurniawan Senin, 12 Apr 2021 14:13 WIB
10 jajanan khas Bandung yang murah meriah dan enak

Mengunjungi Bandung belum lengkap rasanya jika belum icip-icip jajanan khas Bandung yang murah meriah dan rasanya yang menggugah selera. Ya, selain wisata alamnya, Bandung juga dikenal sebagai salah satu surga-nya wisata kuliner di Indonesia. Jadi jangan lewatkan kesempatan untuk menikmati jajanan dengan cita rasa otentik saat berada di kota ini ya.

Berbicara soal jajanan, Bandung punya banyak sekali makanan khas yang patut Anda coba. Bisa ditemukan mulai dari penjual di pinggir jalan hingga kafe dan restoran, berikut ada 10 jajanan khas Bandung yang murah meriah dan rasanya enak yang patut dicicipi saat Anda berkunjung ke kota ini.

1. Cilok

Yang satu ini merupakan jajanan khas Bandung yang paling mudah ditemui. Sekilas mirip bakso ayam atau sapi, namun cilok hanya terbuat dari aci lalu dibentuk bulat-bulat, direbus lalu disusun ke tusukan sate sesuai selera dan disajikan dengan saus maupun bumbu khusus.

Meski tanpa tambahan daging, namun rasa kenyal cilok membuat jajanan ini selalu disukai. Belum lagi modifikasi cilok saat ini dengan aneka isi yang menggoda selera. Misalnya cilok isi cabai rawit, cilok isi keju, dan masih banyak variasi lainnya.

2. Cireng

Anda pasti pernah mendengar nama jajanan yang satu ini kan? Cireng merupakan singkatan dari aci digoreng. Sesuai dengan namanya, cireng terbuat dari aci yang sudah dibumbui lalu digoreng. Cireng paling nikmat dinikmati dengan sambal atau bumbu rujak.

Kini, cireng pun banyak variasinya. Ada cireng isi dengan berbagai isian sesuai selera, misalnya keju, sosis, ayam dan masih banyak lainnya. Jika suka, ada juga pilihan cireng berkuah pedas lho.

Sponsored

3. Cimol

Jika cireng kepanjangan dari aci digoreng, maka cimol adalah aci digemol atau dibuat bulat-bulat. Jajanan yang juga terbuat dari aci ini awalnya dibentuk bulat-bulat, lalu digoreng dan disajikan dengan berbagai bumbu bubuk sesuai selera; pedas, manis, barbeque, keju dan sebagainya.

4. Cilor

Masih dari ‘keluarga aci’, ada cilor yang juga tak kalah enaknya. Cilor adalah kepanjangan dari cilok telor yang maksudnya adalah cilok yang digoreng dengan telur.

Variasi tampilannya ada banyak. Mulai dari yang berbentuk sate sampai yang ditumis dengan telur dan kuah pedas. Tenang, semua varian cilor ini sama-sama enak kok. Awas ketagihan ya!

5. Cuanki

Satu lagi jajanan khas Bandung yang mudah ditemukan; cuanki. Dari tampilannya makanan ini mirip dengan bakso malang, namun cuanki tidak menggunakan mie.

Satu porsi cuanki berisi bakso,tahu isi aci, siomay, pangsit goreng dan rebus serta bakso goreng yang diguyur kuah bening dan taburan daun bawang dan bawang goreng.

6. Seblak

Ke Bandung jangan sampai melewatkan kesempatan mencicipi seblak di kota asalnya ya. Seblak merupakan makanan yang terbuat dari kerupuk basah yang dimasak dengan bumbu khas yang terasa pedas dan gurih.

Makanan unik dari Bandung ini juga sering dicampur dengan makaroni, ceker ayam, bakso hingga sosis sebagai variasi topping. Seblak cocok sekali dinikmati di tengah dinginnya cuaca Bandung.

7. Batagor

Meski Anda sering menyantap jajanan yang satu ini di kota asal, namun jangan sampai tidak mencicipi batagor di kota asalnya ya.

Jajanan yang sudah terkenal ke seantero Indonesia ini terdiri dari bakso dan tahu goreng yang dipotong-potong lalu disajikan dengan saus kacang dan kecap.

8. Siomay

Jalan-jalan ke Bandung rasanya kurang komplit jika tidak mencicipi siomay. Sama seperti batagor yang bisa ditemukan di seluruh Indonesia, namun mencicipi siomay di Bandung sensasinya tentu beda.

Seporsi siomay berisi bakso yang biasanya terbuat dari ikan tenggiri, lalu ada juga tahu yang diisi aci atau bakso. Siomay disajikan dengan pare, kentang rebus dan daun kol rebus yang disiram kuah kacang.

9. Colenak

Makanan yang memiliki kepanjangan ‘dicocol enak’ ini terbuat dari peuyeum atau tape Bandung yang dibakar lalu disajikan dengan gula jawa ditambah parutan kelapa. Rasanya gurih dan tentu saja enak!

10. Basreng

Jajanan khas Bandung lainnya yang wajib Anda cicipi adalah basreng atau bakso goreng. Bentuknya beragam; ada yang pipih dan bulat, ada juga yang berbentuk stik. Namun soal rasa, semuanya enak kok.

Basreng biasanya disajikan dengan bermacam bumbu tabur, mulai dari bumbu gurih, pedas dan juga asin yang bisa dipilih sesuai selera.

Nah sudah tahu kan akan jajan apa saja jika ke Bandung nantinya? Rencanakan liburan Anda ke Bandung dan pilih moda transportasi paling nyaman. Naik travel Xtrans misalnya.

Anda bisa booking Xtrans Travel online di Traveloka untuk keberangkatan sekarang maupun di kemudian hari. Tenang, jika beli tiket travel sekarang, tiket Anda tidak akan hangus kok mesti jadwal berangkat masih beberapa bulan lagi misalnya.

Jadi mana nih jajanan khas Bandung yang menarik perhatian Anda?

Berita Lainnya