sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

5 tips jaga HP OPPO A15 agar selalu terasa baru

Cara paling mudah untuk menjaga smartphone adalah dengan menggunakan casing HP.

Tim copywriter
Tim copywriter Senin, 30 Mei 2022 17:09 WIB
5 tips jaga HP OPPO A15 agar selalu terasa baru

Berada pada kelas smartphone entry-level, tidak aneh jika HP OPPO A15 tidak memiliki perlindungan yang menyeluruh. Karena itu, sudah sepantasnya jika Anda lah yang melengkapi perlindungannya untuk masa pakai yang lebih lama. Cara paling mudah untuk menjaga smartphone ini adalah dengan menggunakan casing HP OPPO A15 yang memang sudah dibuat menyesuaikan segala sudut dan dimensinya.

Untuk mendapatkan casing HP dan aksesoris pelindung lain yang sesuai, pastikan bahwa Anda telah memilih aksesoris untuk jenis HP yang tepat. Selain itu, sebaiknya Anda juga membelinya di tempat jual beli yang memiliki cukup banyak review asli dengan ulasan positif dari para pembeli sebelumnya.

Seiring teknologi yang semakin canggih, kini Anda tak perlu pergi jauh ke toko atau mall besar untuk membeli berbagai barang. Sudah tersedia beragam toko online yang menyediakan berbagai kebutuhan, termasuk aksesoris pelindung HP. Jika bingung untuk memilih toko, Anda juga bisa menggunakan layanan e-commerce seperti Blibli yang memiliki fitur filter sehingga Anda bisa memilih rekomendasi merchant online dengan review yang paling baik.

Namun untuk Anda yang masih belum yakin dengan aksesoris apa saja yang dibutuhkan, Anda bisa membuat daftar barang sesuai dengan tips menjaga HP OPPO A15 agar terus terasa seperti baru di bawah ini. Yuk, langsung kita bahas bersama.

Gunakan casing HP tahan benturan

Jika dulu casing HP merupakan salah satu aksesoris yang cukup mahal dengan ragam yang terbatas, kini Anda dapat menemukannya dengan mudah di mana saja. Mulai dari yang premium, hingga yang sangat terjangkau sampai rasanya ingin beli beberapa variasi sekaligus. Namun pertanyaannya, apakah casing tersebut dapat menjaga HP Anda jika terbentur atau terjatuh dari ketinggian?

Meskipun harganya mungkin tidak semurah casing biasa, ada baiknya jika Anda membeli casing yang didesain khusus untuk melindungi smartphone dari benturan. Apalagi jika mengingat HP OPPO A15 terbuat dari material plastik yang lebih rapuh daripada metal.

Biasanya, casing anti benturan ini tidak hanya melindungi bagian sisi dan belakang HP, tetapi juga bagian permukaan depannya. Perlindungan menyeluruh ini akan membuat HP OPPO A15 Anda tidak mudah rusak dan dapat bertahan lebih lama meskipun tak sengaja terjatuh dari tempat yang cukup tinggi.

Sponsored

Lapisi layar display dengan perlindungan tempered glass

Jika Anda memilih casing tahan benturan yang tidak memiliki perlindungan layar depan, atau bahkan memutuskan untuk tidak menggunakan casing, maka lapisan tempered glass adalah aksesoris penting yang sangat penting untuk Anda pertimbangkan. Lapisan ini berguna untuk melindungi permukaan kaca layar display smartphone Anda sehingga tidak mudah pecah.

Selain itu, biasanya lapisan ini juga memiliki variasi keunggulan lain yang juga bermanfaat. Di antaranya ada tempered glass dengan blue light filter yang dapat menjaga mata Anda dari sinar biru yang dipancarkan dari gadget. Ada juga lapisan tempered glass yang memiliki anti-spy yang membuat layar hanya bisa dilihat dari angle tertentu. Lapisan anti-spy ini biasanya digunakan untuk menjaga privasi tampilan layar dari orang di sekitar Anda.

Bersihkan kamera depan dan belakang secara rutin

Salah satu fitur unggulan dalam OPPO A15 adalah sistem pengamanan dengan sensor fingerprint dan face unlock. Untuk memastikan fitur face unlock ini dapat selalu merespons dengan cepat, jagalah kebersihan kamera Anda.

Selain berguna untuk fitur face unlock, lapisan permukaan kamera yang bersih juga dapat meningkatkan hasil karya fotografi Anda. Hasil foto akan terambil dengan optimal, jernih, tajam, dengan warna yang vivid.

Bersihkan kamera depan dan kamera belakang smartphone Anda dengan perlahan menggunakan kain yang lembut agar lapisan kacanya tidak tergores. Bersihkanlah secara berkala, terutama jika terkena kotoran atau bekas sidik jari yang menempel.

Perhatikan masa pengisian daya baterai

HP OPPO A15 memiliki daya baterai yang cukup besar, namun tidak dilengkapi dengan kemampuan fast charging. Meski harus menunggu lebih lama hingga baterainya terisi penuh, namun pastikan untuk tidak membiarkan HP Anda tetap tersambung dengan aliran daya listrik terlalu lama setelah baterainya terisi penuh, ya.

Anda bisa pasang pengingat setelah beberapa jam agar tak lupa mencabut kabel pengisi daya setelah baterai terisi penuh 100%. Selain itu, sebaiknya Anda juga tidak membiarkan dayanya habis sama sekali sebelum mengisi dayanya kembali. Meski terasa sepele, namun kedisiplinan pengisian daya baterai ini adalah bentuk usaha untuk menjaga kondisi baterai smartphone Anda tetap prima.

Pindahkan file data secara berkala

Sesuai dengan kelas harganya, memori penyimpanan internal dan RAM HP OPPO A15 tidaklah terlalu besar. RAM yang tersedia hanya 2GB dan memori internalnya pun hanya sebesar 32GB saja. Agar smartphone OPPO Anda ini dapat terus menjalankan sistem dan aplikasi dengan baik, sebaiknya Anda memindahkan data dokumen serta gallery secara berkala.

Dengan muatan yang ringan, tak perlu khawatir HP OPPO A15 Anda jadi gampang ngelag meskipun digunakan untuk multitasking. Anda juga bisa membersihkan memory cache dari masing-masing aplikasi melalui fitur pengaturan pada HP Anda, ya.

Berita Lainnya
×
tekid