sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

6 buah pilihan untuk buka puasa

Selain mengenyangkan, ternyata buah-buahan tersebut juga mengandung manfaat yang baik bagi tubuh.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Senin, 12 Apr 2021 08:39 WIB
6 buah pilihan untuk buka puasa

Setidaknya ada enam buah yang kerap menjadi pilihan Nabi Muhammad SAW sebagai kudapan. 

Selain mengenyangkan, ternyata buah-buahan tersebut juga mengandung manfaat yang baik bagi tubuh. Buah-buahan yang dikonsumsi juga dapat menghindarkan tubuh dari berbagai penyakit, sekaligus pilihan menu untuk berbuka puasa. Apa saja sih buah-buahan tersebut?

1. Kurma

Selain memiliki rasa manis karena gula alami yang terkandung, kurma juga meiliki kandungan serat dan mineral serta vitamin yang baik untuk tubuh. Jadi kita bisa makan tiga buah kurma dan segelas air putih untuk membatalkan puasa.

2. Anggur
Buah ini menjadi salah satu buah yang Nabi Muhammad makan saat berbuka. Tak hanya kandungan vitaminnya yang banyak. Buah ini juga tertuang dalam QS. Ar-Rad ayat 4.

3. Labu
Buah ini pasti sering ditemukan di kolak maupun es buah. Buah ini selain menyegarkan, ternyata banyak juga manfaat yang terkandung. Salah satunya untuk penyakit jantung dan kanker.

Dijelaskan juga dalam riwayat oleh Abdurrahman bin Mahdi bahwa “Nabi SAW menggemari labu. Maka (pada suatu hari) beliau diberi makanan itu atau diundang untuk makan makanan itu (labu). Aku pun mengikutinya, maka makanan itu (labu) kuletakkan dihadapannya, karena aku tahu beliau menggemarinya.”

4. Semangka
Buah semangka kerap dihidangkan pada acara buka puasa bersama. Salah satunya karena semangka memiliki banyak kandungan air, sehingga bisa menggantikan cairan tubuh selama berpuasa.

Sponsored

Nabi juga menyukai semangka.

“Sesungguhnya Nabi SAW sering makan semangka disertai ruthab.” (HR.at-Tirmidzy no.1843, dishahihkan oleh al-Albany dalam Shahih at-Tirmidzy no.1843).

5. Zaitun
Zaitun dikenal memiliki banyak manfaat. Salah satunya adalah mencegah penyakit jantung dan stroke. Tidak heran kalau zaitun menjadi salah satu rekomendasi untuk berbuka puasa.

Hal tersebut bahkan diperjelas melalui hadist yang menjelaskannya, dengan bunyi:

Dari Abi Usaid Al-Anshari bahwa Rasulullah SAW bersabda,”Makanlah minyak zaitun! Sesungguhnya ia diberkahi. Berlauklah dengannya dan berminyaklah dengannya! Sesungguhnya ia keluar dari pohon yang diberkahi”. (HR. Ahmad, Ad Darimi dan Tirmidzi).

6.  At-Tin
Hadist riwayat Abu Darda yang mengatakan bahwa, Rasulullah telah diberi hadiah satu wadah buah tin, kemudian Nabi bersabda, “Makanlah! Jika engkau berkata, ada buah yang diturunkan dari surga, maka aku bisa katakan, Inilah buahnya, karena sesungguhnya buah surga tanpa biji. Oleh karena itu, makanlah, karena buah tin ini dapat menyembuhkan wasir dan encok.”
 

 

Berita Lainnya