sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kasus bunuh diri Goo Hara dan Sulli, pertemanan yang berakhir pada copycat suicide

Kehilangan sahabat yang dipandang sangat berarti dan dekat, dapat membuat seseorang mengalami pukulan yang berat. Ini terjadi pada Goo Hara.

Robertus Rony Setiawan
Robertus Rony Setiawan Rabu, 27 Nov 2019 08:42 WIB
Kasus bunuh diri Goo Hara dan Sulli, pertemanan yang berakhir pada copycat suicide
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 62142
Dirawat 30834
Meninggal 3089
Sembuh 28219

Kabar meninggalnya artis belia Korea, Goo Hara, Minggu (24/11) lalu mengejutkan publik. Dilansir dari media hiburan Korea Selatan Soompi.com, mantan personil girl band KARA tersebut ditemukan tewas gantung diri di kawasan Cheongdam, sekitar pukul 18.00 waktu setempat, atau pukul 16.00 WIB.

Sementara pihak kepolisian Gangnam, Seoul, menginvestigasi penyebab kematiannya, Goo Hara diduga melakukan bunuh diri akibat tekanan mental yang dialaminya. Hal ini tampak mengulang kejadian naas bunuh diri yang dilakukan Choi Jin-ri atau lebih dikenal sebagai Sulli, anggota girl band f(x), 14 Oktober 2019 lalu.

Sebagaimana banyak diberitakan, Goo Hara dan Sulli bersahabat sejak lama. Dalam sejumlah unggahan di akun Instagram-nya, Goo Hara kerap berfoto bersama Sulli. Selain itu, hubungan persahabatan mereka ditunjukkan dengan ucapan maaf Goo Hara di hari pemakaman Sulli.

“…Berbahagialah di atas sana dan lakukan apa yang kamu suka. Saya akan hidup dan bekerja keras untukmu. Semuanya, Sulli dan aku sangat dekat, kami seperti saudara. Sehingga, saya ingin menyampaikan pesan bagi Sulli lewat pesan live broadcast ini. Maafkan saya. Maafkan saya. Jangan khawatir semuanya. Selamat tinggal, Sulli,” tulis Goo Hara dilansir dari Koreaboo.

Goo Hara dan Sulli bersahabat sejak lama. Dalam sejumlah unggahan di akun Instagram-nya, Goo Hara kerap berfoto bersama Sulli./instagram Koohara

Beberapa waktu sebelum kematiannya, Goo Hara pun mengunggah pesan “selamat tinggal”. Kejadian ini menunjukkan puncak tekanan mental yang dirasakan Goo Hara, setelah menjalani enam bulan masa pemulihan. Pasalnya, Goo Hara dikabarkan mencoba bunuh diri pada bulan Mei lalu.

Goo Hara lalu naik panggung kembali seusai tur empat hari di Jepang (14-19/11) untuk mempopulerkan single “Midnight Queen”. Kematian Goo Hara dan Sulli mengandung faktor pemicu yang sama, yaitu tekanan mental akibat ujaran kebencian oleh haters mereka di media sosial.

 

Sponsored

 

Berita Lainnya