sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Apa Itu gelombang otak alpha dan mengapa penting?

Ada lima tipe dasar gelombang otak yang berkisar dari sangat lambat hingga sangat cepat.

Fitra Iskandar
Fitra Iskandar Sabtu, 11 Sep 2021 11:39 WIB
Apa Itu gelombang otak alpha dan mengapa penting?

Otak Anda adalah pusat aktivitas listrik yang padat. Hal ini disebabkan oleh fakta bahwa sel-sel di otak Anda, yang disebut neuron, menggunakan listrik untuk berkomunikasi satu sama lain.

Ketika sekelompok neuron mengirimkan sinyal listrik ke kelompok neuron lain, kita menyebutnya gelombang otak. Ini karena tes electroencephalogram (EEG) yang dihasilkan komputer yang mendeteksi dan mengukur aktivitas listrik di otak Anda benar-benar menciptakan gambar yang terlihat seperti pola gelombang.

Ada lima tipe dasar gelombang otak yang berkisar dari sangat lambat hingga sangat cepat. Gelombang alfa jatuh di tengah rangkaian gelombang itu. Otak Anda menghasilkan gelombang ini ketika Anda bangun tetapi tidak benar-benar berkonsentrasi pada satu hal.

Dalam artikel ini, kita akan melihat lebih dekat apa sebenarnya gelombang otak alfa itu, fungsinya apa, dan bagaimana perbandingannya dengan gelombang otak lainnya.

Apa itu gelombang otak alfa?

Ketika Anda pertama kali bangun di pagi hari, apa hal pertama yang Anda lakukan? Mungkin Anda mematikan jam alarm dan meregangkan tubuh. Pada titik ini, otak Anda mungkin rileks.

Jadi, saat Anda menghangatkan otot, otak Anda memproduksi gelombang alfa. Anda tidak meminta otak Anda untuk memproses banyak informasi atau memecahkan masalah besar. Gelombang hanya menunjukkan bahwa Anda berada dalam keadaan istirahat terjaga.

Anda mungkin juga dapat meningkatkan produksi gelombang alfa otak Anda ketika Anda berhenti fokus atau berkonsentrasi pada suatu tugas, dan hanya mencoba untuk beristirahat dan bersantai.

Sponsored

Menariknya, sebuah penelitian tahun 2009 menunjukkan bahwa otak Anda dapat menghasilkan lebih banyak gelombang alfa di bagian posterior otak Anda saat Anda bermeditasi. Otak Anda tidak sepenuhnya dalam keadaan istirahat, tetapi tidak berusaha menangani sesuatu yang besar yang membutuhkan konsentrasi.

Bagaimana gelombang alfa berbeda dari gelombang otak lainnya?
Gelombang otak alfa hanyalah salah satu jenis gelombang otak. Sebenarnya ada lima jenis gelombang otak yang umum.

Gelombang otak diukur dengan frekuensi, yaitu siklus per detik, atau hertz (Hz), dan berkisar dari sangat lambat hingga sangat cepat. Gelombang alfa berada di tengah spektrum, antara gelombang theta dan gelombang beta.

Berikut spektrum lengkap dari lima jenis gelombang otak umum yang Anda alami setiap hari, dari yang paling lambat hingga yang paling cepat:

Delta
Saat Anda tertidur lelap, otak Anda memproduksi gelombang delta, yang merupakan jenis gelombang otak paling lambat. Mereka mengukur antara 0,5 dan 4 Hz.

Theta
Saat Anda tidur lebih nyenyak atau saat Anda sangat santai, otak Anda mungkin menghasilkan lebih banyak gelombang theta. Gelombang theta berukuran antara 4 dan 8 Hz.

Alfa
Seperti disebutkan, gelombang alfa jatuh di tengah spektrum gelombang otak.

Otak Anda menghasilkan gelombang ini ketika Anda tidak terlalu fokus pada hal tertentu. Apa pun yang Anda lakukan, Anda mungkin merasa relatif tenang dan santai. Gelombang ini berukuran antara 8 dan 12 Hz.

Beta
Dengan jenis gelombang otak ini, Anda terjaga, waspada, dan fokus. Anda akan melakukan aktivitas sehari-hari dan membuat keputusan. Ini adalah saat otak Anda menghasilkan gelombang beta berkecepatan lebih tinggi, yang berukuran antara sekitar 12 dan 35 Hz.

Gamma
Otak Anda menghasilkan gelombang otak tercepat, gelombang gamma, ketika Anda secara aktif terlibat dalam pemrosesan informasi dan pembelajaran. Anda sedang berkonsentrasi dan memecahkan masalah, dan gelombang otak ini, yang cenderung berukuran lebih dari 35 Hz, adalah buktinya.

Bagaimana gelombang otak diukur?
Kita tidak bisa melihat gelombang otak, tapi kita bisa mengukurnya. Tes yang disebut EEG dapat mengidentifikasi dan mengukur aktivitas listrik di otak Anda.

Dengan EEG, teknisi akan menempatkan serangkaian cakram logam kecil yang disebut elektroda di seluruh kulit kepala Anda. Cakram menyampaikan aktivitas listrik neuron Anda melalui kabel ke mesin, yang merekam dan mencetak pola pada layar atau kertas.

Dokter Anda mungkin memesan EEG untuk melihat apakah ada pola yang tidak biasa dalam gelombang otak Anda, atau masalah yang mungkin menunjukkan Anda menderita epilepsi atau jenis gangguan otak lainnya.

Apa manfaat gelombang alfa?
Anda mungkin bertanya-tanya mengapa gelombang alfa sangat penting. Saat otak Anda memproduksi gelombang ini, ia merespons aktivitas seperti meditasi dan istirahat yang dapat mengurangi tingkat stres dan membantu Anda merasa lebih tenang.

Jika Anda mampu menghasilkan gelombang otak alfa, Anda mungkin dapat memanfaatkan keadaan yang dapat membantu Anda beristirahat dan bersantai.

Meningkatkan gelombang alfa Anda juga dapat meningkatkan tingkat kreativitas Anda. Dalam sebuah studi tahun 2015, para peneliti menemukan bukti bahwa mereka dapat memicu lonjakan kreativitas jika mereka secara khusus berfokus pada peningkatan gelombang alfa.

Penelitian ini kecil – hanya 20 peserta – tetapi sebagai uji coba secara acak, penelitian ini dapat menjanjikan penggunaan stimulasi otak non-invasif untuk meningkatkan produksi gelombang otak alfa otak Anda.

Apa yang terjadi jika gelombang alfa terganggu atau tidak seimbang?
Otak Anda tidak berhenti memproduksi satu jenis gelombang otak hanya karena Anda beralih ke keadaan kesadaran atau kewaspadaan yang berbeda.

Lebih dari satu jenis gelombang otak akan mendominasi pada waktu tertentu, berdasarkan apakah Anda bangun atau tidur, fokus, atau mengambang. Jika karena alasan tertentu otak Anda tidak menghasilkan banyak gelombang alfa, itu berarti Anda tidak dalam keadaan pikiran yang santai dan meditatif. Tetapi ada kalanya gelombang otak Anda bisa menjadi tidak seimbang.

Penelitian menunjukkan bahwa beberapa orang yang mengalami depresi mungkin memiliki ketidakseimbangan gelombang alfa, dengan lebih banyak terjadi di area otak yang disebut korteks frontal kiri.

Sebuah studi kecil tahun 2019 melihat teknik stimulasi otak yang disebut stimulasi arus bolak-balik transkranial (tACS) dan menemukan bahwa itu dapat meningkatkan gelombang otak alfa dan mengurangi gejala depresi pada orang yang terkena gangguan depresi mayor (MDD).

Apakah ada cara untuk menghasilkan atau meningkatkan gelombang otak alfa Anda?

Anda mungkin benar-benar dapat meningkatkan gelombang otak alfa Anda jika Anda memikirkannya.

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bahwa pelatihan neurofeedback membantu beberapa orang dengan gangguan kecemasan umum (GAD). Neurofeedback adalah jenis biofeedback di mana Anda merespons secara real time aktivitas listrik di otak Anda dan mencoba menyesuaikannya.

Dalam penelitian ini, peserta dengan GAD dibagi menjadi kelompok perlakuan dan kelompok kontrol.

Kelompok perlakuan yang menjalani pelatihan neurofeedback mampu meningkatkan amplitudo gelombang otak alfa mereka. Gelombang alfa yang lebih besar ini meningkatkan rasa tenang peserta dan mengurangi perasaan cemas.

Satu peringatan: Studi khusus ini juga memasukkan gelombang theta dalam pelatihan neurofeedback, yang mungkin juga berperan.

Namun, penelitian ini juga menunjukkan bahwa mungkin saja melatih otak Anda untuk menghasilkan gelombang alfa yang dapat membantu Anda merasa lebih rileks.

Sebuah studi tahun 2015 juga menyarankan bahwa pelatihan meditasi dan perhatian dapat mencapai hasil seperti ini.

Intisarinya

Selalu ada beberapa jenis aktivitas listrik yang terjadi di otak Anda, apakah Anda menyadarinya atau tidak.

Pada waktu yang berbeda dalam sehari, tergantung pada apa yang Anda lakukan, satu jenis gelombang listrik otak Anda akan mendominasi. Ketika gelombang alfa otak Anda mendominasi, Anda mungkin berada dalam kondisi relaksasi yang terjaga.

Teknik relaksasi seperti perhatian dan meditasi dapat membantu meningkatkan gelombang alfa Anda. Ini, pada gilirannya, dapat membantu Anda merasa lebih tenang, tidak terlalu cemas, dan, menurut beberapa penelitian, bahkan dapat meningkatkan tingkat kreativitas Anda.

Berita Lainnya