sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Apa saja hikmah zakat fitrah? Simak di sini yah!

Tak hanya mendapatkan pahala yang berlipat ganda, kita juga diberi kesempatan untuk menyucikan jiwa lewat zakat fitrah.

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Selasa, 11 Mei 2021 11:22 WIB
Apa saja hikmah zakat fitrah? Simak di sini yah!

Zakat fitrah ialah zakat yang wajib dikeluarkan atas individunya baik laki-laki maupun perempuan muslim bagi yang mampu.

Dikarenakan Covid-19 masih ada di tengah-tengah masyarakat, Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan Fatwa No.24 Tahun 2021 tentang Panduan Penyelenggaraan Ibadah di Ramadan dan Syawal 1442 H.

Pada fatwa tersebut, salah satunya menjelaskan, umat muslim bisa segera melakukan zakat fitrah sejak awal Ramadan. tak harus menunggu malam takbiran atau sebelum salat Idulfitri. Dengan begitu, kebutuhan para mustahik masih tetap terpenuhi selama Ramadan.

Lantas apa aja sih hikmah yang bisa kita dapat dengan menunaikan zakat fitrah tersebut?

- Mensucikan jiwa
Q.S. At-Taubah [9]: 103  “Ambillah zakat dari sebagian harta mereka, dengan zakat itu kamu membersihkan dan mensucikan mereka dan mendoalah untuk mereka. Sesungguhnya doa kamu itu [menjadi] ketenteraman jiwa bagi mereka. Dan Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” 

Membayar zakat fitrah dapat membersihkan jiwa. Banyak kesempatan yang bisa kita ambil di bulan yang penuh berkah ini dengan berzakat. Tak hanya mendapatkan pahala yang berlipat ganda, kita juga diberi kesempatan untuk menyucikan jiwa lewat zakat fitrah dan kembali menjadi jiwa yang bersih dan tulus beribadah kepada Allah SWT.

- Bentuk rasa syukur kepada Allah SWT
Tak hanya para dewasa, anak kecil dan bayi pun diwajibkan membayar zakat. Karena zakat fitrah ini bertujuan untuk mensyukuri nikmat yang Allah berikan. Maka dari itu, kita bisa berbagi kenikmatan yang Allah berikan dengan berbagi ke sesama.

Tak hanya itu, zakat fitrah juga sebagai bentuk mensyukuri atas nikmat, kesempatan, dan kekuatan karena bisa menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan.

Sponsored

- Kepedulian dan berbagi dengan sesama
Dilansir dari NU Online, hikmah zakat fitrah yang lain, yaitu menghilangkan sifat bakhil pada manusia. Ketika seseorang menunaikan zakat, ia dituntut untuk tidak lalai dengan kondisi orang lain, bermurah hati, tidak kikir, dan tidak serakah terhadap harta yang dimilikinya.

Maka dari itu, zakat fitrah bisa membantu para orang-orang yang tidak mampu. Dengan begitu, hari kemenangan bisa dirasakan oleh semua orang.

Berita Lainnya