sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Perhatikan 10 tanda tumbuh kembang bayi

Menjadi orang tua adalah masa paling membahagiakan. Maka setiap tumbuh kembang anak tidak ingin dilewatkan oleh orang tua.

Alia Kirana
Alia Kirana Kamis, 12 Okt 2017 12:49 WIB
Perhatikan 10 tanda tumbuh kembang bayi

Merawat bayi bisa saja melelahkan. Namun di balik rasa lelah itu, ada banyak perubahan menakjubkan pada bayi yang sangat dinantikan oleh orang tua seperti Anda. Berikut ini urutan tahapan tumbuh kembang bayi di tahun pertama. 

  • Senyuman
    Dua bulan pertama, Anda lebih sering melihat bayi menangis. Selepas masa itu, bayi akan tersenyum untuk menanggapi Anda. Suara atau wajah Anda adalah hal yang memicu senyum menggemaskan pada bayi.
  • Tertawa
    Setelah memasuki bulan keempat, Anda bisa mendengarkan suara lain yaitu suara tawa bayi Anda. Suara ini mungkin adalah suara paling manis yang pernah Anda dengar. Bagian paling menarik pada masa ini adalah betapa mudahnya dia tertawa. Mimik wajah yang konyol atau mengajak dia bermain cilukba biasanya sudah cukup memicu banyak jeritan atau cekikikan pada bayi.
  • Tidur sepanjang malam
    Bayi yang baru lahir memang tidak mungkin tidur semalaman. Hal itu justru malah tidak sehat. Namun pada usia 4-6 bulan, kebanyakan bayi sudah mampu tidur sepanjang malam. Pada masa ini, orang tua dapat memperbaiki pola tidur yang sebelumnya berantakan.
  • Duduk
    Sekitar 5 atau 6 bulan, kebanyakan bayi sudah dapat duduk dengan bantuan topangan tangan mereka sendiri di depan, atau dengan bersandar pada bantal atau benda lain. Bayi biasanya bisa duduk sendiri dengan mantap pada usia 7-9 bulan.
  • Merangkak
    Pada umur 9 bulan, kebanyakan bayi sudah bisa merangkak menggunakan kedua tangan dan kakinya. Namun ada beberapa bayi yang lebih memilih untuk merayap. Merayap bukanlah tahapan tumbuh kembang yang penting pada bayi. Bayi yang lebih suka merayap akan dapat merangkak sesuai waktunya
  • Melambaikan tangan
    Lambaian tangan pada bayi bukan tanpa arti. Hal ini justru merupakan ungkapan bahasa yang sesungguhnya. Pada umur 9 bulan, kebanyakan bayi mulai membuat hubungan antara suara, gerak tubuh, dan makna. Mereka mengerti bahwa melambai tangan berkaitan dengan ungkapan. 
  • Makan pakai tangan
    Sekitar usia 9-12 bulan, bayi mulai dapat menggunakan tangan dan jari mereka dengan baik. Alhasil, mereka lebih mudah untuk meraih benda-benda kecil seperti makanan. Sayangnya, bayi usia ini suka mengeksplorasi rasa dan tekstur, jadi makanan bukanlah satu-satunya hal yang akan mereka masukkan ke mulut. Oleh karena itu, orang tua harus selalu memperhatikan setiap gerak-gerik bayi, takut-takut mereka menelan benda lain.
  • Berdiri
    Kebanyakan bayi mulai berdiri sebentar tanpa dukungan saat usia 12 bulan. Mereka juga mengambil langkah kecil sambil memegang furnitur atau benda lainnya. Sebelum mereka berjalan dengan mandiri, bayi mungkin menghabiskan berjam-jam untuk berlatih sampai bisa.
  • Mengambil langkah
    Langkah pertama bayi yang terjadi tepat di hari ulang tahun pertamanya tentu sangat membahagiakan hati orang tua. Namun tidak semua bayi dapat berjalan tepat pada hari ulang tahun pertama mereka. Rentang waktu yang normal untuk bayi berjalan adalah antara 9-17 bulan. Kebanyakan bayi mulai mengambil beberapa langkah sekitar 13 bulan.
  • Mengucapkan kata
    Sekitar usia satu tahun, kebanyakan bayi bisa mengatakan sekurangnya satu kata dengan nyata, dan secara aktif mencoba meniru ucapan orang lain. Dikutip dari Alodokter, bayi juga sudah bisa memahami beberapa perintah seperti, “Ayo, kemari” atau “Ambil botolnya”.

Sumber:
https://www.webmd.com/parenting/baby/ss/slideshow-baby- milestones-first- year

Berita Lainnya