sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Berpuasa cara Rasulullah? Cari tahu di sini

Sering kita temukan masyarakat yang membagi-bagikan makanan berbuka untuk yang membutuhkan maupun para musafir

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Jumat, 09 Apr 2021 10:07 WIB
Berpuasa cara Rasulullah? Cari tahu di sini
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Kadang kita masih bingung, mau mengerjakan apa saja saat puasa nanti? Atau berpuka puasa yang baik seperti apa ya? Berikut lima tips berpuasa ala Rasulullah.

1. Memberikan makanan berbuka
Sering kita temukan masyarakat yang membagi-bagikan makanan berbuka untuk yang membutuhkan maupun para musafir. Hal itu memudahkan mereka untuk menyegerakan berbuka sesuai hadis riwayat al-Bukhari dan Muslim.

“Barang siapa yang memberikan makanan berbuka kepada orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi sedikit pun pahala orang yang berpuasa itu” (Shohih Nasa’i dan Tirmidzi).

2. Menyegerakan berbuka dan salat
Dari Abu Abdirrahman bin Umar bin Khatthab radhiyallahu ‘anhuma beliau berkata mendengar Rasulullah saw bersabda: “Manusia akan sentiasa berada dalam kebaikan selama mereka menyegerakan buka.” (HR. al-Bukhari dan Muslim)

Dan juga Rasulullah hanya berbuka dengan tiga buah kurma dan segelas air putih seperti apa yang disampaikan Aisyah ra. “Apabila seseorang di antara kamu berbuka, hendaknya ia berbuka dengan kurma, jika tidak mendapatkannya, hendaknya ia berbuka dengan air karena air itu suci.” (HR. Imam Lima)

Tiga butir kurma dan dua sendok makan madu setelah sahur dan buka sangat baik untuk tubuh karena kandungan kalori yang tinggi dapat memberikan kita banyak energi.

3. Mengakhirkan sahur
Zaid bin Tsabit berkata, “Kami pernah makan sahur bersama Rasulullah saw. Kemudian kami melaksanakan shalat. Kemudian saya bertanya: Berapa lamakah waktu antara keduanya (antara makan sahur dengan salat)? Rasulullah menjawab: Selama bacaan lima puluh ayat.” (HR. Shahih).

Lima puluh ayat, biasanya sama dengan seperti lima hingga seluluh menit, maka dari itu bisa dijadikan jarak antara kamu mengakhiri sahur dan melaksanakan salat Subuh.

Sponsored

4. Memperbanyak Ibadah
Banyak hal yang bisa kita lakukan saat ramadhan, seperti bertasbih, shalat malam, zikir, sedekah, dan tadarus.

Imam Az-Zuhri berkata, “Apabila datang Ramadan, maka kegiatan utama kita selain berpuasa adalah membaca Alquran.” 

Tetapi jangan dilakukan hanya saat Ramadan, kita bisa lakukan disetiap harinya.

5. Berolahraga
Dari pakar kesehatan maupun para pendahulu, olahraga bisa tetap dilakukan sesuai dengan kondisi dan kemampuan individualnya.

“Jika salah seorang di antara kamu berpuasa, maka hendaklah pada pagi harinya ia dalam keadaan berharum-haruman serta rambut yang tersisir rapi.” (HR Bukhari).

Walaupun dalam keadaan puasa, tidak membuat kita membatasi aktivitas. Namun, kita juga harus semangat untuk bekerja dan beribadah.

Selain tips-tips tersebut, jangan lupa juga untuk melaksanakan Tarawih dan memberikan zakat fitrah kepada yang membutuhkan.

Setelah mereka meniup peluit...

Setelah mereka meniup peluit...

Kamis, 22 Apr 2021 16:48 WIB
Memutus belenggu generasi sandwich

Memutus belenggu generasi sandwich

Kamis, 22 Apr 2021 14:25 WIB
Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Burma dan saga biksu-biksu revolusi

Rabu, 21 Apr 2021 17:33 WIB
Berita Lainnya