sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Hasil berinvestasi saham bisa untuk membangun rumah loh!

Salah satu instrumen investasi yang bisa dipakai untuk perencanaan membangun rumah, yaitu saham

Indah Nawang Wulan
Indah Nawang Wulan Kamis, 01 Apr 2021 08:39 WIB
Hasil berinvestasi saham bisa untuk membangun rumah loh!
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 1.341.314
Dirawat 153.074
Meninggal 36.325
Sembuh 1.151.915

Sebagian para pasangan yang ingin dan sudah menikah pastinya ingin memiliki rumah atau hal terencana lainnya, dengan jangka waktu yang panjang. Untuk itu, kita harus memiliki cara yang tepat dalam menyimpan dan mengelola uang tersebut, agar keinginan tersebut bisa tercapai di waktu yang tepat.

Owner IG@ dirumah.ps Priza dan suami, berbagi pengalaman dalam menabung untuk memiliki rumah sesuai yang diinginkan. Berawal dari rajin menabung sejak SMA, menjadikan tabungan yang mereka miliki setelah menikah cukup untuk membeli lahan untuk dibuatkan rumah. Alasan pasangan ini memilih membeli lahan saja karena mereka ingin membuat rumah sesuai apa yang mereka butuhkan dan luas.

Priza bercerita, setelah menikah mereka hanya memiliki tabungan yang kurang cukup untuk pembiayaan pembangunan rumah. Dia kemudian membangun bisis online untuk menambah tabungan tersebut.

"Tips yang bisa dipelajari, yaitu menabung dengan menyisihkan sebagian penghasilan tetap, sebagian penghasilan tambahan, dan berinvestasi," kata dia dalam diskusi online, Rabu (31/3).

Sponsored

Bicara mengenai investaasi, Senior Economist Samuel Sekuritas Indonesia Mikail Zaini menyebutkan, salah satu investasi yang bisa dipakai untuk perencanaan membangun rumah atau rencana lain dengan jangka waktu 5-10 tahun ke depan, yaitu investasi saham.

Mikail Zaini berbagi tips apa saja yang harus disiapkan dalam melakukan investasi saham. Pertama, mencari investasi yang memiliki return lebih tinggi. Misalnya, jika harga rumah naik 5% per tahunnya, maka harus memilih saham yang memiliki return lebih tinggi dari kenaikan harga rumah.

Kedua, lihat deviden perusahaan tersebut. Baca dan pelajari berbagai laporan perusahaan tersebut, agar paham dalam mengambil keputusan untuk membeli. Jangan lupa, tanyakan atau baca juga rekomendasi dari kerabat atau agen konsultan untuk perencanaan investasi yang akan dilakukan.

Berita Lainnya