sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Inilah manfaat nanas bagi kesehatan

Jus nanas segar adalah bahan efektif yang membantu membunuh bakteri dan infeksi.

Cindy Victoria Dhirmanto
Cindy Victoria Dhirmanto Kamis, 24 Sep 2020 07:31 WIB
Inilah manfaat nanas bagi kesehatan
Informasi mutakhir perkembangan Covid-19 di Indonesia bisa dilihat di sini
Terinfeksi 406.945
Dirawat 58.868
Meninggal 13.782
Sembuh 334.295

Buah tropis yang sangat lezat dan menyehatkan ini memiliki nama lain yakni Ananas Comosus atau yang biasa kita kenal dengan Nanas. Buah dengan ciri khas manis dan asam ini ternyata mengandung lebih dari satu jenis nutrisi dan nutrisi tersebut dapat berguna untuk menenangkan perut secara alami. 

Menurut para ahli, jus nanas segar adalah bahan efektif yang membantu membunuh bakteri dan infeksi itu sekaligus meningkatkan kekebalan Anda. Ketika seseorang meminum jus nanas segar saat perut kosong, enzim bromelain membantu memecah protein. Tak hanya itu, minum jus nanas segar juga mencegah perut kembung, membantu masalah sembelit, dan menyembuhkan sakit perut dalam kurun waktu yang singkat.

Baru–baru ini sebuah studi menyatakan, mengonsumsi jus nanas ketika perut kosong, akan membuat vitamin, mineral, dan enzim yang terkandung di dalam buah nanas meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. 

Selain itu, menambahkan makanan vitamin C lain ke dalam makanan saat perut kosong akan menyembuhkan perut dan menyingkirkan infeksi lebih cepat. Air juga harus dikonsumsi secara berlebihan, karena diare menyebabkan kehilangan cairan.

Jika Anda mengalami sakit perut, sangat dianjurkan untuk meminum jus nanas dua kali sehari selama tiga hari berturut-turut. Berikut beberapa cara jika Anda ingin menambahkan nanas ke dalam makanan sementara untuk memberi manfaat pada perut: 

Irisan nanas

Potongan buah nanas sangat penting dikonsumsi satu hingga tiga buah nanas segar di sela waktu makan. Ini akan membantu menenangkan perut. Jangan lupa, pastikan nanas sudah matang sepenuhnya. Biasanya saat menderita sakit perut, seseorang mulai merasa lapar karena kekurangan cairan dalam tubuh.

Karena itu, para ahli menyarankan untuk makan potongan nanas segar agar perut tetap kenyang dan membantu pemulihan lebih cepat. Nanas segar menyembuhkan perut dan menghilangkan infeksi.

Sponsored

Konsumsi kulitnya juga

Setelah makan, sebaiknya minum 150 ml jus nanas (nanas harus mengandung kulitnya juga). Jus segar dengan kandungan kulit ini akan memiliki jumlah bromelain yang lebih tinggi yang akan membantu mengatasi masalah pencernaan.

Nanas dengan yoghurt

Tambahkan dua sendok makan yoghurt ke 150 ml jus nanas segar. Campur kedua bahan dan konsumsi smoothie buah ini dengan perut kosong untuk menghilangkan sakit perut. Di sisi lain, smoothie ini akan membuat perut kenyang dan mencegah seseorang untuk makan berlebihan.

Nanas slushy

Potong setengah nanas dan tambahkan ke dalam blender. Tambahkan enam hingga tujuh es batu dan sembilan sendok makan air. Blender bahan-bahannya dan konsumsi cairan nanas yang sehat ini. Minuman ini akan menjaga tubuh tetap terhidrasi saat mencoba menghilangkan sakit perut.

Terlalu banyak nanas

Ingatlah untuk tidak terlalu banyak mengonsumsi buah tropis ini karena dapat membuat lidah Anda sakit dan iritasi. Overdosis nanas juga merusak obat-obatan tertentu.

 

Sumber: boldsky.com

Berita Lainnya