sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Lagu eks vokalis Dewa 19 ini akan dirilis dalam format NFT

Human Race, yang dirilis pada Januari 2022, merupakan lagu kampanye perubahan iklim yang dinyanyikan bersama musisi dunia.

Nadia Lutfiana Mawarni
Nadia Lutfiana Mawarni Senin, 07 Mar 2022 20:02 WIB
Lagu eks vokalis Dewa 19 ini akan dirilis dalam format NFT

Lagu berjudul "Human Race" yang dirilis musikus Once Mekel bersama sejumlah musikus internasional akan hadir dalam format non-fungible token (NFT) dalam waktu dekat. Pembuatan NFT akan ditangani WiseArt, sebuah perusahaan teknologi berbasis NFT Green di Jenewa, Swiss.

"Human Race", yang dirilis pada Januari 2022, merupakan lagu kampanye perubahan iklim yang dinyanyikan mantan vokalis Dewa 19 itu bersama Jeff Scott Soto (Amerika) dan Dino Jelusic (Kroasia). Pun melibatkan musisi lainnya, termasuk Derek Sherinian, Ron "Bumblefoot" Thal, Billy Sheehan, dan Simon Philips.

Pendapatan dari lagu ini disumbangkan untuk organisasi nirlaba Forest Nation dalam kampanye perubahan iklim.

Proyek yang dinamakan Dream Team Project ini kemudian menghadirkan lagu tersebut melalui NFT yang bisa dibeli melalui platform WiseArt. Dream Team Project diselenggarakan Indra Putra, Derek Sherinian, Ron "Bumblefoot" Thal, dan Edo Widiz untuk mendukung Program Re-Forest Our Planet yang diinisiasi Forest Nation, yang bertujuan mencegah pemanasan global mencapai tingkat berbahaya.

"Kami sangat bersyukur bahwa lagu 'Human Race' telah hadir dalam bentuk NFT yang didukung oleh WiseArt," kata Once dalam keterangan resminya, Senin (7/3).

Melalui teknologi NFT, sambung Once, Dream Team Project dalam waktu dekat akan meluncurkan program baru dalam lagu "Human Race", yakni Music Collaboration Program. Di sini, pihaknya secara terbuka menerima kolaborasi musik dengan siapa saja, seperti penyanyi, pemain gitar, drum, bass, hingga alat musik tradisional dengan versi berbeda-beda.

"Caranya sangat mudah, yaitu dengan membeli track dari lagu 'Human Race' melalui NFT, nanti bisa berkreasi dengan menambahkan rekaman track baru, lalu kirim balik kepada kami," jelasnya.

Dream Team Project selanjutnya akan melakukan seleksi dari versi tersebut dan bakal dirilis kembali dengan versi terbaru "Human Race" secara global. Dream Team Project juga sedang mempersiapkan track lagu terbaik dari album Intrinsik milik Once yang akan dihadirkan dalam bentuk NFT dengan konsep yang sama seperti "Human Race", yaitu Music Collaboration Program.

Sponsored

"Kami berharap, program ini dapat menjadi pionir terhadap peluang baru dalam hal kolaborasi musik dengan skala internasional, termasuk distribusi musik secara worldwide," tandas Once.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid