logo alinea.id logo alinea.id

Lima tempat ngabuburit di Jakarta lengkap dengan kulinernya

Lima tempat pilihan ngabuburit ini bisa dijajal, sekedar menghabiskan waktu menunggu berbuka puasa atau mencicip makanan di tempat sekitar.

Annisa Saumi
Annisa Saumi Kamis, 23 Mei 2019 16:06 WIB
Lima tempat ngabuburit di Jakarta lengkap dengan kulinernya

Istilah ngabuburit lekat dengan bulan puasa. Kegiatan yang satu ini menjadi kegiatan yang wajib setiap Ramadan.

Jika Anda bosan menunggu waktu berbuka dengan kegiatan itu-itu saja, banyak tempat menyenangkan yang bisa dikunjungi sambil ngabuburit bagi warga Jakarta. Di mana saja?

1. Kota Tua

Kota Tua merupakan salah satu tempat favorit bagi warga Jakarta untuk melakukan ngabuburit. Banyak tempat yang bisa pengunjung singgahi di area Kota Tua.

Anda bisa ngabuburit sambil belajar sejarah Jakarta di Museum Fatahillah yang terletak di area Kota Tua, melihat-lihat koleksi wayang dari seluruh Indonesia di Museum Wayang. Hingga sejarah uang dan Bank Indonesia di Museum Bank Indonesia yang terletak tak jauh dari area Kota Tua.

Selain kegiatan tersebut, Anda juga bisa berfoto bersama dengan manusia patung dan menikmati atraksi-atraksi yang ada di Kota Tua. Untuk urusan makanan, Anda pun tidak perlu khawatir karena Kota Tua menyediakan banyak tempat bagi Anda untuk mengisi perut.

2. Taman Suropati

Taman Suropati yang terletak di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat ini begitu sejuk dan asri. Taman ini merupakan pilihan tepat bagi Anda yang memilih menghabiskan ngabuburit sambil duduk bersantai atau bercerita bersama teman-teman.

Sponsored

Tak jauh dari Taman Suropati, Anda bisa menemukan Masjid Sunda Kelapa yang menyediakan takjil gratis bagi Anda. Menjelang waktu berbuka, pedagang makanan akan tumpah ruah di area masjid Sunda Kelapa.

Selain Masjid Sunda Kelapa, Anda juga bisa berjalan sedikit ke barat untuk ngabuburit di Museum Perumusan Naskah Proklamasi dari Taman Suropati. Di museum ini Anda bisa belajar seluk-beluk kejadian menjelang proklamasi kemerdekaan Indonesia yang bertepatan juga dengan bulan Ramadan.

3. Pasar Santa

Pasar modern Santa merupakan salah satu tempat favorit bagi warga Jakarta Selatan untuk ngabuburit. Di Pasar Santa, Anda bisa menemukan berbagai macam takjil dan berbagai macam penganan untuk berbuka puasa di halaman pasar.

Masuk ke dalam pasar, aneka makanan dan kios-kios yang menjual berbagai macam barang mulai dari baju, piringan hitam, hingga buku bacaan tersedia.

4. Pekan Raya Jakarta

Pekan Raya Jakarta (PRJ) tahun ini kembali diselenggarakan pada bulan Ramadan, sehingga Anda bisa menghabiskan waktu ngabuburit di PRJ. PRJ tahun 2019 ini akan digelar hingga 30 Juni 2019.

Saat PRJ, Anda bisa menemukan berbagai macam produk dengan harga diskon. Tak lupa juga, aneka makanan untuk berbuka juga dijual di sini. 

Selain itu, Anda pun bisa menikmati hiburan yang ada mulai dari atraksi kembang api sampai konser musik dari berbagai macam jenis lagu.

Tiket di PRJ pun dijual dengan harga yang bervariasi pada hari tertentu mulai dari Rp25.000 hingga Rp40.000. Pada PRJ kali ini, Lansia diberikan masuk gratis satu kali, cukup dengan menunjukkan KTP-el.

5. Pantai Ancol

Pantai Ancol menjadi salah satu tempat favorit untuk melakukan ngabuburit. Pantai Ancol juga menyediakan berbagai macam atraksi yang bisa Anda kunjungi mulai dari Dunia Fantasi, Sea World, Pasar Seni, hingga Allianz Ecopark.

Untuk berbuka puasa, ada banyak tempat makan yang bisa Anda kunjungi di area Ancol. Namun, Anda pun bisa membawa makanan sendiri dari rumah untuk bekal berbuka puasa di Ancol sambil berpiknik.