sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Mengajari anak kejujuran harus dimulai dari orang dewasa

Sisilia pun membagikan kiat untuk merawat dan menguatkan benih kejujuran yang perlu dimulai dari orang dewasa.

 Atikah Rahmah
Atikah Rahmah Kamis, 11 Agst 2022 18:23 WIB
Mengajari anak kejujuran harus dimulai dari orang dewasa

Di masa usia dini, seorang anak mudah sekali meniru perilaku yang ia lihat di sekitarnya, termasuk soal kejujuran. Sebab itu sebelum mengajari anak soal kejujuran, ada baiknya introspeksi juga dilakukan para orangtua.

“Ibaratnya spons, jika ada ceceran air, maka spons bisa menyerap semua ceceran air tersebut. Artinya masa ini (anak usia dini) paling mudah menerima rangsangan dan efektif untuk pembentukan karakter,” ujar Pengelola PAUD SD Mutiara Ibu Purworejo, Sisilia Maryati.

Sisilia menjadi salah satu nara sumber dalam acara talkshow Himpunan pendidik dan tenaga kependidikan anak usia dini (HIMPAUDI dengan tema “Implementasi Pengembangan Nilai Kejujuran pada PAUD, Kamis (11/8).

Sisilia menilai bahwa lingkungan dan pergaulan yang mengubah karakter anak sehingga seiring bertambahnya usia, anak akan menemukan jati dirinya kelak saat dewasa. 

Sponsored

Berdasarkan pengalamannya selama ini, Sisilia pun membagikan kiat untuk merawat dan menguatkan benih kejujuran yang perlu dimulai dari orang dewasa:

  • Memiliki sikap penuh perhatian dan komunikasi yang baik, sehingga anak-anak merasa nyaman dan berkeinginan untuk jujur.
  • Menjadi orang yang teladan. Contohnya kita melarang anak-anak untuk tidak melakukan sesuatu, padahal dirinya sendiri melakukannya.
  • Membangun pengalaman menyenangkan dan bermakna. Seperti kurikulum merdeka yang menjadi peluang anak-anak beredukasi dengan cara yang berbeda.
  • Jangan berhenti belajar untuk memperbaiki diri, serta bagi contoh yang baik bagi anak-anak agar terbiasa dengan kejujuran.

Sisila mengutarakan alasannya tentang kiat di atas perlu dilakukan oleh orang dewasa terlebih dahulu karena menjadi peran atau model yang tepat bagi anak. Ia menegaskan pula bahwa orang dewasa perlu berkomitmen dalam menerapkan kejujuran terhadap anak, agar karakter jujur dan baik dapat tumbuh dan berkembang dalam anak.

Berita Lainnya
×
tekid