sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Kembangkan kreativitas lewat musik, Whisnu Santika temani masyarakat dengan Que Pasa

Lagu Que Pasa yang dirilis 7 Juli lalu disebut dapat didengarkan masyarakat sambil beraktivitas di tengah pandemi Covid-19.

Silvia Ng
Silvia Ng Jumat, 20 Agst 2021 18:24 WIB
Kembangkan kreativitas lewat musik, Whisnu Santika temani masyarakat dengan Que Pasa

Situasi pandemi Covid-19 berdampak signifikan terhadap hampir semua lini bisnis, seperti industri makanan, fesyen (fashion), perhotelan, hingga musik. Bagi musisi, strategi demi strategi perlu dikembangkan agar dapat terus mempertahankan citra musik di Indonesia yang sangat memengaruhi sepak terjangnya terhadap karya-karyanya di situasi sulit ini.

Sangatlah tidak mudah untuk musisi atau produser musik di Indonesia untuk bertahan di kondisi yang mewajibkan semua masyarakat tidak lagi menikmati musik di luar rumah. Akhirnya, mereka juga menjadi salah satu korban terdampak. Karenanya, produser musik dituntut lebih kreatif dalam menyajikan sesuatu yang dapat menunjang kegiatan masyarakat melalui musik dengan tetap berada di rumah secara asyik dan menyenangkan.

Disjoki dan produser musik, Whisnu Santika, salah satunya. Namun, dirinya terus berupaya berkarya dengan menyiapkan kejutan di setiap produksinya. Harapannya, dapat menjadi bagian dari semangat masyarakat di kala pandemi.

Pada 7 Juli 2021, Whisnu kembali merilis karya terbarunya berjudul Que Pasa. Proses pembuatan hingga rilis lagu Que Pasa diakuinya tidak selalu mulus, khususnya setelah sukses membesut Chitty Chitty Bang! pada 2019 sebagai alternatif lagu pengiring dan penghibur aktivitas masyarakat sebelum pandemi, untuk dapat kembali menggairahkan semangat musik para pendengar setianya.

Sponsored

Banyaknya tantangan yang dihadapi penggiat musik di Indonesia saat pandemi tidak menyurutkan semangat para musisi. Ini terlihat dari bagaimana para produser musik terus berkreasi untuk dapat memberikan lagu penyemangat beraktivitas saat tetap berada di rumah saja.

Di saat itu pula, Whisnu sontak terpikir untuk memberikan kontribusi lebih dari karya musiknya. Dari sinilah Que Pasa tercipta. Sikap putus asa yang dimilikinya berbuah ide kreatif untuk menciptakan musik dengan gaya Amerika Latin yang diadopsinya agar kelak mejadi warna baru pada musik di Indonesia.

Konsep memanusiakan manusia melalui musik diejawantahkannya ke dalam Que Pasa agar memberikan semangat pada masyarakat saat beraktivitas. Berikut lima kegiatan yang dapat dinikmati dengan lantunan lagu Que Pasa:
1. Berolahraga dari rumah dengan lantunan musik santai sekaligus upbeat sebagai pengiring gaya. Tak dapat dipungkiri, untuk memberikan dan menciptakan atmosfir semangat berolahraga, masyarakat butuh lagu seperti Que Pasa yang berkarakter seru dan energik sebagai pengiring. Salah satu contoh yang pernah viral di kalangan penggiat olahraga Zumba di YouTube tahun 2019 lalu besutan Whisnu Santika.
2. Lagu pendamping dan penyemangat kegiatan bekerja dari rumah. Dalam mendukung pemerintah menekan laju penyebaran Covid-19, Whisnu secara kreatif menciptakan irama musik Que Pasa agar memberikan semangat pada masyarakat saat mendengarkan, menyelesaikan dokumen, atau pekerjaan lain di rumah.
3. Lagu pendamping membersihkan rumah. Lagu Que Pasa diciptakan khusus dengan karakter santai dan seru agar mengangkat semangat saat melakukan pekerjaan rumah yang harus secara berkala dilakukan guna menciptakan kenyamanan dan kebersihan sebagai upaya untuk mengantisipasi dan menghindari Covid-19.
4. Bersantai sambil bernostalgia. Selain musik, media sosial juga menjadi teman akrab masyarakat Indonesia di kala pandemi, tidak hanya untuk mengetahui kabar dan informasi apa yang terjadi di luar rumah, tetapi juga menjadi media penghubung masyarakat dalam bersosialisasi. Bahkan, tidak luput juga dari sesi nostalgia ke berbagai momen sebelum pandemi. Lagu Que Pasa yang diciptakan Whisnu dapat menjadi lagu alternatif untuk bersantai sambil bernostalgia melalui media sosial agar senantiasa teringat momen indah bersama orang-orang terkasih dengan karakter lagu santai dan seru satu ini.
5. Latar lagu pengiring di karya media sosial yang diciptakan. Lagu Que Pasa dapat dijadikan sebagai referensi pendamping karya masyarakat, seperti salah satu karyanya Chitty Chitty Bang! Yang pernah viral di media sosial sebagai latar belakang musik sebuah promosi oleh Dian Sastrowardoyo di Guru Guru Gokil. Melalui Que Pasa, masyarakat yang ingin membuat karya media sosial dapat ditemani dengan lagu berkarakter unik ciptaan Whisnu ini.

Caleg Pilihan
Berita Lainnya
×
tekid