sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

OADKIDS, marketplace busana bayi dan anak yang dukung UMKM lokal

OADKIDS sediakan 100 merek busana bayi dan anak produk Indonesia.

Erlinda Puspita Wardani
Erlinda Puspita Wardani Minggu, 04 Sep 2022 17:37 WIB
OADKIDS, marketplace busana bayi dan anak yang dukung UMKM lokal

Para ibu kini memiliki pilihan lain untuk mencari pakaian bagi anaknya. Platform marketplace bernama Oops A Daisy Kids (OADKIDS) kini hadir dengan menyediakan busana bayi dan anak dengan lebih dari 100 merek lokal. 

Marketplace ini berdiri atas inisiasi dua wanita muda dengan latar belakang pendidikan fashion. Awalnya, kedua wanita ini resah karena busana bayi dan anak yang tersedia di pasaran Indonesia hanya sedikit pilihan dan didominasi oleh produk impor mahal.

Keduanya adalah Ellen Ophelia dan Michelle Hadiono yang akhirnya berinisiatif memanfaatkan peluang tersebut dengan mendirikan OADKIDS pada 2019.

"OADKIDS ini menjadi wadah bagi para ibu-ibu muda yang memiliki usaha pakaian dan kebutuhan anak untuk dapat memasarkan baju mereka," ujar Co-Founder OADKIDS Michelle Hadiono dalam keterangannya, Minggu (4/9).

Selain bisa memasarkan, para ibu muda juga bisa menggunakan OADKIDS untuk menawarkan pilihan baju dan kebutuhan unik yang terkurasi bagi para ibu

Michelle menjelaskan, kehadiran OADKIDS juga beriringan dengan semakin meleknya ibu muda saat ini dengan teknologi dan pasar digital dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Menurutnya, hal ini diperkuat berdasar pada data adanya kenaikan transaksi penjualan dari barang kategori ibu dan anak yang mencapai 13,2% pada 2021.

"Selama tiga tahun OADKIDS hadir di Indonesia, sudah terdapat lebih dari 275 ribu buah pakaian yang terjual dengan lebih dari 68 ribu total order yang dibuat dari para ibu di seluruh Indonesia," ucap Michelle.

Ia juga bercerita, sepanjang OADKIDS hadir di Indonesia, membuat Ellen dan Michelle sadar bahwa banyak sekali produk lokal yang memiliki potensi dan kualitas baik. Sayangnya, produk lokal itu tidak mendapatkan peluang serta eksposur yang tepat di pasaran.

Sponsored

"Kami sebagai calon ibu nantinya, merasa memiliki kemampuan untuk berkontribusi dan membantu UMKM lokal di industri fashion bayi dan anak untuk lebih berkembang sekaligus menghadirkan pengalaman belanja yang mudah dan menyenangkan bagi para ibu modern," tuturnya.

Lebih lanjut, Co-Founder OADKIDS Ellen Ophelia juga menceritakan, di awal hadirnya marketplace ini hanya terdiri dari 20 merek. Seiring waktu, kini telah hadir 100 merek UMKM lokal yang bergabung dengan OADKIDS. Ini tentu sejalan dengan visi misi marketplace yang menghadirkan fashion bayi dan anak dengan desain lucu serta unik, namun turut dalam pengembangan UMKM lokal.

Sederet artis ibu kota pun saat ini diketahui tertarik dengan hadirnya marketplace OADKIDS, seperti Raisa Andriana dan Andien Aisyah. 

Ellen juga menyampaikan, OADKIDS memberikan kesempatan lebih bagi para UMKM untuk berkolaborasi secara eksklusif dalam menghadirkan koleksi khusus yang unik, seperti bersama Pop Kidswear, kolaborasi eksklusif bersama influencer Cinfung dengan beberapa merek Popluca, Mini-a, Kalale, dan Beezyboard merek lokal lainnya. Beberapa pilihan merek yang tersedia seperti Friends of Sally, Boho Panna, Paulette, dan masih banyak lagi.

“Tiga tahun telah berlalu, banyak pasang surut dalam lini bisnis kami terlebih saat pandemi kemarin. Kami sangat antusias selama perjalanan tiga tahun walaupun banyak kendala namun banyak juga kolaborasi yang hadir," tutur Ellen.

Dua wanita ini pun terus optimis dan bersiap untuk melakukan sejumlah kolaborasi, antara lain dengan ilustrator Indonesia yakni Sally & Piper, juga menghadirkan koleksi menarik, unik, dan tentunya affordable atau harga terjangkau.

"Kami optimistis, kedepannya kami dapat tetap mengembangkan OADKIDS untuk semakin mendukung UMKM ibu dan anak sekaligus memberikan pilihan pakaian dan mainan unik serta kolaborasi eksklusif bagi para ibu Indonesia," ucapnya.

Bukan hanya menyediakan busana anak yang menarik, Ellen dan Michelle juga menegaskan, sesuai dengan teori anak, memilih pakaian anak harus memperhatikan beberapa faktor, seperti model yang digunakan harus nyaman sesuai kesempatan dan lingkungan, dapat menyerap keringat, ukurannya longgar agar anak dapat bergerak bebas sesuai dengan dunia anak yang ceria dan dinamis serta mudah mengenakan dan membukanya. 

"OADKIDS hadir bagi para ibu modern sebagai wadah untuk mendapatkan produk bayi dan anak yang terkurasi dari segi desain, kualitas dengan harga terjangkau dan mengikuti tren masa kini," tutur Ellen.

Berita Lainnya
×
tekid