sun
moon
a l i n e a dot id
fakta data kata
logo alinea.id

Tips ampuh mengambil hati mertua saat Lebaran

Momentum lebaran bisa dimanfaatkan bagi para menantu atau pun yang masih calon untuk lebih dekat dengan mertua.

Tim copywriter
Tim copywriter Jumat, 22 Apr 2022 20:59 WIB
Tips ampuh mengambil hati mertua saat Lebaran

Momentum lebaran bisa dimanfaatkan bagi para menantu atau pun yang masih calon untuk lebih dekat dengan mertua. Bersilaturahmi ke rumah mertua saat lebaran jadi satu hal yang wajib dilakukan agar terjadi hubungan baik terbina di antara keduanya.

Tapi sebenarnya apa saja sih yang harus dilakukan dan dipersiapkan agar momen pertemuan saat lebaran ini bisa membuat disukai mertua dan calon mertua. Nah, berikut tips ampuh mengambil hati mertua saat lebaran. Yuk simak sampai akhir!

Membawa bingkisan unik dan menarik saat lebaran

Tips yang pertama untuk mengambil hati mertua adalah dengan membawakan bingkisan saat berkunjung ke rumah di hari raya. Anda dapat membawakan bingkisan-bingkisan unik dan menarik yang merupakan kesukaan mertua. Hal ini bisa ditanyakan ke pasangan Anda.

Saat ini sudah banyak sekali diperjualbelikan hampers unik mulai dari hampers makanan dan sembako hingga peralatan makan unik. Kami merekomendasikan hampers lebaran dari LOTTE Mart karena terdapat banyak pilihan yang unik dan menarik dengan harga terjangkau.

Sebab bingkisan yang unik dan menarik tidak harus selalu mahal, bisa barang-barang yang memberikan citra baik sehingga mudah diingat oleh mertua serta memberikan kesan pertama yang baik.

Selalu berkata jujur

Tidak ada orang yang suka dibohongi, termasuk juga mertua Anda kelak. Maka dari itu, ketika datang ke rumahnya saat lebaran, usahakan untuk selalu berkata jujur kepada mereka. misalnya Anda diminta untuk menceritakan mengenai diri Anda atau keluarga. Maka ceritakan sejujur-jujurnya tanpa ada yang ditutupi hanya demi pencitraan diri.

Sponsored

Berkata jujur akan lebih disukai oleh mertua daripada berbual dengan pembicaraan yang tidak sesuai dengan kenyataan. Apalagi jika sebelumnya, mertua Anda sudah mencari tahu terlebih dahulu mengenai latar belakang Anda. Sebab jika suatu kebohongan Anda diketahui maka calon mertua akan kehilangan kepercayaan pada Anda dan Anda akan lebih sulit mengambil hatinya.

Lakukan kegiatan seru bersama

Menghabiskan waktu dengan kegiatan seru bersama dengan mertua atau pun calon mertua bisa menjadi salah satu cara mengambil hatinya. Sebab dengan melakukan kegiatan bersama akan banyak obrolan sekaligus perkenalan kepribadian Anda dengan calon mertua Anda. Orang tua kekasih tentunya akan senang apabila diajak melakukan kegiatan yang disukai.

Kegiatan-kegiatan sederhana seperti bermain catur bersama, minum kopi sambil asyik mengobrol, membantu membersihkan rumput dan tanaman, atau pun membantunya memasak di dapur sangat ampuh untuk mendapatkan perhatian orang tua pasangan Anda. Tentunya ketika melakukannya harus dengan senang hati dan menunjukkan keakraban.

Apalagi jika Anda sedang mendekati orang tua dari seorang putri kesayangan ayahnya, melakukan kegiatan bersama dengan ayah mertua bisa menimbulkan kepercayaan pada Anda untuk melindungi putrinya sehingga lebih mudah untuk mendapatkan restu menuju jenjang selanjutnya.

Tunjukkan keseriusan Anda

Tips selanjutnya untuk mengambil hati orang tua dari pasangan Anda adalah dengan menunjukkan keseriusan kepada anaknya. Orang tua pasangan tentunya tidak ingin anaknya bersama dengan orang tidak serius dan berpotensi menyakiti hati anaknya. Sehingga keseriusan menjadi salah satu hal yang penting untuk menimbulkan kesan pertama yang baik dihadapan orang tua pasangan.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menunjukkan keseriusan Anda, misalnya seperti mempunyai pekerjaan yang bisa membuat mertua yakin Anda bisa menghidupi anaknya dengan layak, atau mempunyai bekal ilmu agama yang cukup untuk menuntun buah hatinya selalu dijalan yang benar.

Cara menunjukkan keseriusan bisa dilakukan dengan cara Anda masing-masing, bisa juga didiskusikan dengan pasangan Anda. Karena yang paling tahu mengenai watak orang tua ya hanya anaknya.

Berpakaian yang rapi dan sopan

Meski sepertinya tidak penting, tetapi bagi sebagian orang penampilan yang dilihat saat pertama kali bertemu bisa menjadi penilaian. Barangkali mertua adalah salah satunya. Maka dari itu, usahakan ketika datang di momen lebaran, Anda menggunakan pakaian yang rapi dan juga sopan. Sehingga kesan pertama muncul adalah Anda orang yang baik.

Gunakan pakaian terbaik yang Anda punya, bukan yang termahal. Sebab pakaian yang mahal namun tidak menunjukan sopan santun juga bisa membuat penilaian yang buruk terhadap diri Anda, dan membuat Anda sulit untuk mengambil hati mertua.

Sebisa mungkin juga datang dengan keadaan bersih dan harum, karena ini bisa jadi menunjukkan karakter Anda yang menjadi penilaian calon mertua. Gunakan parfum secukupnya, dan poles wajah secukupnya. Hal ini bisa menunjukkan penghormatan kepada orang yang hendak ditemui. Tetapi sebisa mungkin hindari berlebihan karena justru akan menimbulkan kesan norak pada penilaian terhadap diri Anda.

Masak dan bawakan makanan

Memberikan makanan ternyata tidak hanya memindahkan bahan makanan kepada orang lain. Lebih dari itu memasak dan memberikan sesuatu untuk orang yang spesial bisa menjadi sarana menunjukkan kasih sayang. Nah, hal ini bisa Anda terapkan untuk mengambil hati mertua.

Sebelumnya bisa menanyakan terlebih dahulu makanan kesukaan orang tua pasangan Anda, kemudian mencoba memasak resepnya di rumah. Belajar memasaknya hingga Anda bisa menyajikan makanan kesukaan ibu atau bapak mertua dengan rasa yang lezat dan pas. Dengan begitu usaha kalian akan lebih dihargai baik oleh pasangan maupun mertua.

Berhubung momentum lebaran, Anda bisa membawakan makanan-makanan khas lebaran yang biasanya disajikan di meja makan. Seperti opor, rendang, dan olahan lainnya. Atau bisa juga kue-kue seperti nastar yang banyak hadir di hari raya.

Kurangi sikap yang berlebihan

Sebisa mungkin, Anda mengurangi sikap-sikap yang berlebihan. Seperti memuji mertua dengan berlebihan, karena akan menunjukkan kesan pertama yang suka melebih-lebihkan. Jika hendak memuji supaya orang tua pasangan tersanjung, cukup puji dengan sewajarnya sesuai dengan realita yang ada. Pujian sederhana bahkan cukup untuk bisa membuatnya senang.

Hindari juga sikap berlebihan seperti memamerkan harta kekayaan Anda. Sebab hal tersebut bisa membuat terkesan sombong. Sikap tersebut juga tidak disukai oleh kebanyakan orang tua. Jadi sebisa mungkin Anda tidak melakukannya.

Bersikaplah apa adanya namun tetap dengan etika dan sopan santun, dengan begitu momen pertemuan saat lebaran bisa menjadi salah satu sarana merebut dan mengambil hati mertua Anda. Hingga tercipta hubungan yang hangat dan harmonis.

Jadilah diri Anda sendiri

Tips terakhir untuk menaklukkan mertua saat lebaran adalah tetap menjadi diri Anda sendiri. Anda tidak perlu berpura menjadi orang lain hanya demi mendapatkan hati mertua sebab hal itu pada akhirnya hanya membuat Anda tidak nyaman. Jadi, tetaplah menjadi diri sendiri dengan segala kekurangan yang Anda punya.

Nah, berikut tadi merupakan tips yang ampuh untuk mendekati dan mengambil hati mertua saat lebaran. Yang terpenting Anda mengusahakan semaksimal mungkin segala persiapan, masalah hasil masih banyak hari untuk mencobanya lagi. Selamat mencoba!

Berita Lainnya