sun
moon
logo alinea.id logo alinea.id

Sungai Ciliwung akan dibenahi untuk jadi destinasi wisata

Ada dua potensi wisata Sungai Ciliwung yakni: wisata alam dan wisata edukasi.

Robertus Rony Setiawan
Robertus Rony Setiawan Rabu, 04 Des 2019 17:51 WIB
Sungai Ciliwung akan dibenahi untuk jadi destinasi wisata

Layaknya wisata di Venesia yang terkenal dengan wisata sungainya, Sungai Ciliwung bakal disulap menjadi potensi wisata.

Kawasan bantaran Sungai Ciliwung yang melintasi sebagian besar wilayah DKI Jakarta dan provinsi lain di Pulau Jawa bagian barat, menyimpan potensi sebagai tempat wisata. 

Nah, peluang tersebut perlu dimaksimalkan dengan sejumlah penataan. Demi dapat dijadikan rujukan destinasi rekreasi pilihan jelang liburan akhir tahun.

Kawasan pinggiran Sungai Ciliwung, Condet, Jakarta Timur, misalnya, berpotensi besar sebagai destinasi wisata, baik wisata edukasi, alam, maupun budaya. 

Inilah yang membuat sejumlah anggota Padepokan Ciliwung Condet (PCC) bersama tim Disaster Management Center (DMC) Dompet Dhuafa menyisir Sungai Ciliwung di kawasan Condet, Selasa pagi (3/12).

“Aliran Sungai Ciliwung khususnya di wilayah Condet memiliki potensi besar untuk dijadikan destinasi wisata. Sayangnya saat ini keadaan sungai masih kotor dan perlu dinaturalisasi,” kata Ahmad Riyadi, Manajer Divisi Pengurangan Risiko Bencana (PRB) DMC Dompet Dhuafa, pada Rabu (4/12).

Ahmad menjelaskan, upaya pembenahan bantaran Sungai Ciliwung itu difokuskan pada area pinggiran sungai. Langkah awal normalisasi ini juga dilakukan dengan menentukan luas area yang akan diubah atau ditata.

Sementara itu, dari sisi kondisi alam, kawasan Sungai Ciliwung-Condet dinilai masih alami dan menyimpan kekayaan vegetasi atau tumbuh-tumbuhan.

“Kekayaan vegetasi atau tanaman hijau di pinggiran Sungai Ciliwung-Condet tidak saja berpotensi untuk wisata alam, tetapi juga sarana edukasi,” ucap Ahmad.